Lihat ke Halaman Asli

Aiman

Mahasiswa

Penerapan Ekonomi Islam di Indonesia

Diperbarui: 1 Maret 2023   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Siapa yang tidak kenal ekonomi islam? Apa itu ekonomi islam? ekonomi islam adalah sistem ekonomi yang berbasis islam yang sumbernya berasal dari al-quran, hadits, ijma, dan qiyas. 

Sistem ekonomi islam jauh berbeda sistemnya dengan sistem ekonomi yang dimana masih sering praktek-praktek haram seperti halnya riba. Ekonomi islam belakangan ini sedang naik daun karena kepopulerannya di dunia dan sudah mulai banyak negara yang menerapkan sistem ini. 

Namun sistem ekonomi islam ini tidak bertujuan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, dimana masih sering terjadi di desa-desa tertentu, sehingga modal terkumpul hanya pada segelintir orang saja. Ekonomi islam ini memiliki sebuah prinsip yang disebut tolong-menolong (ta'wun), sinergi, kerja efisien dan tentunya dengan cara yang halal.

Dengan adanya prinsip sistem ekonomi berbasis islam ini dapat memungkinkan untuk dijadikan sebagai opsi pemberdayaan masyarakat yang dapat menggerakan sentra ekonomi lokal di setiap pelosok Indonesia, termasuk pembangunan di daerah pedesaan ditambah lagi dengan mayoritasnya umat muslim di Indonesia sehingga banyak khalayak yang akan setuju nantinya dengan di penerapannya sistem ekonomi berbasis syariah ini. 

Sudah rahasia menjadi umum bahwasannya angka kemiskinan di Indonesia mencapai 17,92 juta orang. Dan dari sekian banyak jumlah itu didominasi oleh penduduk yang bertempat tinggal di daerah pedesaan. 

Dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 telah menjelaskan tentang Pemerintah Daerah telah melahirkan paradigma baru dalam pelaksanaan otonomi daerah, yang meletakkan otonomi penuh, luas, dan bertanggung jawab pada daerah kabupaten dan kota (termasuk desa). 

Memang bisa dibilang bahwasannya perekonomian sebuah daerah tidak akan jauh dari sektor usaha yang berkembang dari daerah itu sendiri, baik itu dari sektor riil yang bergerak dalam bidang pertanian, industri maupun lainnya sesuai dengan sumber daya alam yang tersedia di daerah tersebut.

Dalam sebuah desa pun tak sedikit yang sumberdaya alamnya telah mencukupi namun kualitas insaninya yang kurang profesional dalam mengelola sumber daya alam tersebut. 

Dari data Dalam sebuah desa pun tak sedikit yang sumberdaya alamnya telah mencukupi namun kualitas insaninya yang kurang profesional dalam mengelola sumber daya alam tersebut. 

Dari data Dalam sebuah desa pun tak sedikit yang sumberdaya alamnya telah mencukupi namun kualitas insaninya yang kurang profesional dalam mengelola sumber daya alam tersebut. 

Maka dari itu diperlukan keterlibatan pemuda desa untuk ikut membangun desa melalui sistem ekonomi berbasis islam ini. Para pemuda desa memiliki peran yang luar biasa dalam pembangunan desa. Sehingga desa yang makmur dan sejahtera yang diharapkan dapat terwujud melalui peran pemuda di desa dan dengan sistem ekonomi islam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline