Lihat ke Halaman Asli

Ailsanabz

Ailsa Nabila Azzahra

Tradisi Suku Melayu Riau

Diperbarui: 10 Mei 2020   06:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Suku Melayu Riau merupakan salah satu suku dari rumpun melayu di Indonesia. Suku ini memiliki populasi yang tersebar di berbagai provinsi seperti, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Utara bagian selatan, dan Jambi bagian utara. 

Walaupun lebih banyak berada di sumatra, tetapi populasinya juga berkembang di beberapa kota di kepulauan riau, seperti batam dan bintan. Suku ini sebagian besarnya menganut agama islam dan berpegang teguh terhadap syariah islam. Suku ini memiliki beberapa tradisi yang hingga saat ini masih dilakukan, seperti:

1. Tari persembahan

Tari persembahan merupakan tarian tradisional yang sudah di anggap sebagai ikon suku melayu riau. Tarian ini memiliki nama lain, yaitu tari sekapur sirih. Tarian ini ditampilkan ketika daerah dari suku melayu riau ini kedatangan tamu besar atau penting. 

Tarian ini juga ditampilkan ketika ada acara-acara penting di daerah tersebut. Tarian ini melambangkan bahwa suku melayu riau merupakan suku yang menjunjung tinggi kekerabatan. 

Tarian ini diiringi dengan musik khas melayu yang rancak dan menggunakan baju melayu kurung yang dijaman sekarang sudah dipenuhi dengan macam-macam kreasi. 

Di jaman sekarang penari menggunakan baju melayu kurung berwarna kuning dan ditambahkan kain songket berwarna emas, kemudia dikepala di berikan semacam ikat berwarna emas juga, setelah itu diberikan selendang berwarna biru ataupun emas, dan diberikan mahkota yang biasanya disebut juga sebagai kembang goyang.

Biasanya orang yang menarikan tarian ini berjuamlah ganjil, kurang lebih sekitar tujuh orang. Dimana penari tengah depan merupakan penari yang akan membawa kotak berisi kapur sirih. 

Tarian ini mewajibkan para tamunya untuk memakan daun sirih dengan sedikit campuran kapur yang diberikan oleh penari tengah yang membawa kotak berisi kapur sirih tersebut. 

Bagi suku melayu, hal ini dapat dilambangkan sebagai sikap suku melayu riau yang sangat memuliakan antar sesama dan bersikap lemah lembut. Sebagai contoh:

a. Tarian ini di tampilkan ketika penyambutan wakil presiden saat berkunjung ke salah satu acara peresmian gedung asrama putra hasan mercuar di sekolah dasar islam integral luqman al-hakim, batam, kepulauan riau.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline