Lihat ke Halaman Asli

AIESEC in UNHAS

Official Kompasiana Account of AIESEC in UNHAS

Navigasi Karier secara Global, Persiapan Berkarier secara Profesional di Luar Negeri melalui Youth Today x oGTa/e

Diperbarui: 28 Juli 2024   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Moderator mengenalkan para Speaker Youth Today x oGTa/e 

Editor: Nur Afifah Natsir

Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan Youth Today dengan konsep webinar sebelumnya, AIESEC in UNHAS kembali hadir membawakan acara secara luring mengenai Networking dan Professional Growth melalui Youth Today x oGTa/e pada hari Sabtu, 22 Juni 2024. Dengan tema "From Local to Global : Expanding Careers Through Networking", Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan pemuda Makassar untuk berkarier ke luar negeri.

Pada Seminar interaktif yang diadakan di Lecture Theatre (LT) 5, Lantai 1 Gedung FK Unhas Tamalanrea, terdapat 4 pembicara yang sangat menginspirasi, yaitu Dini Nur Sherina Rondonuwu, Muh. Resky Adiansyah, Agung Mandalika Barula, dan Andi Abidah Rustam. Dengan para pembicara yang merupakan ahli dalam bidangnya masing-masing, mereka menjelaskan bagaimana memanfaatkan Networking dan Professional Growth untuk memaksimalkan peluang selama dan setelah magang di luar negeri. 

Sesi pertama dibuka oleh Andi Abidah Rustam selaku Local Committee Vice President Talent Management AIESEC in UNHAS 2024. Dengan materi "A Glimpse of AIESEC", partisipan diajak untuk mengenal AIESEC dan bagaimana AIESEC dapat membantu pemuda dalam Leadership Development mereka. 

Selanjutnya untuk sesi yang kedua, materi mengenai "Strategies for Professional Growth in New Environments" dibawakan oleh Dini Nur Sherina Rondonuwu sebagai Indonesia Young Farmers Intern di Taiwan. Kak Dini menjelaskan pengalamannya selama melaksanakan magang di Taiwan pada tahun 2023. Partisipan juga diberikan tips dan trik  agar dapat beradaptasi di lingkungan kerja setelah transisi dari negara asal atau tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. 

Kemudian dilanjutkan oleh Muh. Resky Adiansyah dengan membawakan materi "Networking for Career Success and Job Search". Melalui pengalamannya dalam bidang Marketing and Communication di Institut Teknologi dan Bisnis Kalla, mereka diberikan wawasan dan strategi praktis untuk menggunakan platform online dan offline dalam melakukan koneksi secara profesional.

Sesi materi kemudian diakhiri oleh Agung Mandalika Barula selaku Local Committee Vice President Outgoing Global Talent/Teacher AIESEC in UNHAS 2024. Melalui materi "Getting Closer with Outgoing Global Talent/Teacher", partisipan diajak mengetahui lebih jauh mengenai Outgoing Global Talent/Teacher atau biasa disingkat dengan oGTa/e ini. "Global Talent dan Global Teacher merupakan sebuah program magang secara global dari AIESEC yang memberikan pengalaman dan kesempatan bagi kaum muda (19-30 tahun) untuk mengembangkan karier mereka di lingkungan praktis." (Agung Mandalika Barula). 

Foto bersama dengan para Speaker 

Setelah berakhirnya sesi materi, sesi Games dilaksanakan dan berlanjut ke sesi Study Case sebagai wadah implementasi dari materi yang telah diberikan sebelumnya. Sebagai penutup pada acara ini, terdapat sesi RnR (Reward dan Recognition) yang disponsori oleh Emina dan Kahf, untuk mengapresiasi para partisipan melalui 3 kategori berikut "The Most Active Participant", "The Most On Time", dan "The Best Study Case Result". 

Salah satu pemenang RnR, Muh. Idris Irfandi mengatakan "Acara Youth Today x oGTa/e ini memberikan banyak manfaat bagi saya seperti membangun hubungan dengan teman-teman, berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta menerima informasi tentang magang dan mengajar di luar negeri. Acara ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dan lulusan baru yang ingin mencari peluang internasional." yang sekaligus menutup acara Youth Today x oGTa/e pada hari ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline