Lihat ke Halaman Asli

AIESEC in Surabaya

Akun Press Release AIESEC in Surabaya

Mempercepat Langkah Menuju Kemimpinan Masa Depan bersama AFL AIESEC in Surabaya Summer Peak 2023

Diperbarui: 14 Juli 2023   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Antusias para peserta AFL AIESEC in Surabaya Summer Peak 2023 dalam memberikan presentasi, dok. pribadi

Masa muda adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan potensi yang ada di dalam diri. Jiwa kepemimpinan pada dasarnya dimiliki setiap anak muda dan potensi untuk menjadi pemimpin di masa depan. Namun, apakah semua anak muda sadar akan potensi yang mereka miliki?

Sebagian besar kepemimpinan adalah hasil pembelajaran, pengalaman, dan pengembangan diri. Mungkin beberapa anak muda telah merasa nyaman menjadi pemimpin di suatu tempat, tetapi anak muda lain mungkin perlu mengasah keterampilan kepemimpinan mereka secara aktif. AIESEC menginisiasi program bernama AIESEC Future Leaders (AFL) yang dirancang dalam bentuk komunitas untuk mengembangkan kemampuan dan peran kepemimpinan para pemuda. Program dengan durasi 3 bulan ini terdiri atas ruang pengembangan dimana peserta mendapatkan pembinaan soft skill dan hard skill.

Anak muda memiliki jalan masing-masing untuk mencapai tujuan akhir yang sama. Athletic Running menjadi tema utama yang diangkat dalam AFL AIESEC in Surabaya Summer Peak 2023 karena diibaratkan setiap anak muda berjuang untuk mencapai garis finish yang sama, meskipun dengan kecepatan dan rintangan berbeda. Program AFL berusaha untuk mengembangkan peserta menjadi the best version of themselves. Tidak hanya itu, peserta diharapkan dapat belajar, berjejaring, dan menumbuhkan potensi kepemimpinan mereka.

AFL AIESEC in Surabaya summer peak 2023 dilaksanakan sejak 15 April hingga 9 Juli 2023 yang diikuti oleh 129 peserta dengan berbagai macam agenda dan topik pembekalan yang disebut dengan bi-weekly session. Dalam tiga bulan, peserta melalui tiga perjalanan utama yang dimulai dengan "Starting Point: Prepare the Basics!" Pada tahap ini, semua peserta AFL memulai dari garis awal yang sama di mana mereka mempersiapkan diri untuk sesuatu yang besar di perjalanan mereka nantinya. 

Pembekalan dasar dilakukan dengan meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi mereka untuk memudahkan dan meminimalkan kesalahpahaman terhadap orang lain dalam sesi bi-weekly session pertama dengan Kak Yanuar Kurniawan selaku SVP Organization and Talent Development Lazada Indonesia and Lazada Logistic. Agar peserta dapat berusaha untuk tidak terluka dan membuat kesalahan di sepanjang jalan, dilatih menjadi seseorang yang antifragile melalui sesi bi-weekly kedua dengan Kak Melda Frisca selaku Head of People Partner Lemonilo. 

Bi-weekly session pertama dengan tema Pass The Mic: Communicate clearly! Bersama Kak Yanuar, dok. pribadi

Fase "Accelerate Phase: Boost Your Skills!" ditempuh para peserta agar mereka dapat  mengakselerasi diri melalui keterampilan yang dibutuhkan untuk berlari di dunia yang bergerak cepat. Peserta belajar membuat merek dengan baik dan bersaing dengan pasar serta algoritma di dunia digital dengan Kak Birgita selaku Social Media Officer Kompas TV.  Setelah itu, mereka juga akan mencoba memberikan dampak melalui perencanaan dan pengelolaan proyek yang dapat menjangkau masyarakat di komunitas mereka sendiri melalui bi-weekly session dengan Cynthia Cecillia selaku Founder PT Jobhun Membangun Indonesia yang dilakukan secara offline.

Keseruan peserta menjalankan CTA (Call to Action) pada bi-weekly session yang dilakukan secara offline, dok. pribadi

Perjalanan menuju garis finish telah di depan mata. Peserta telah memasuki fase "Finish Line: Show What You've Got!" pada bulan ketiga. Pada tahap ini, para peserta mengimplementasikan semua hal yang mereka peroleh dalam beberapa bulan terakhir dengan menyelesaikan kasus dunia nyata berdasarkan SDG 2030. Sesi ini dibawakan oleh Kak Ozi selaku Kalibrr B2C Marketing Associate. Mereka juga memperluas perspektif, melepaskan kreativitas, dan membuktikan diri saat mereka menyentuh garis akhir AFL puncak ini, mereka adalah Pemimpin Masa Depan.  Studi kasus dipresentasikan secara langsung  pada bi-weekly session terakhir yang dipandu oleh Kak Glorius selaku Kalibrr B2C Senior Marketing Growth.

Sesi bi-weekly terakhir dengan Kak Glorious, dok. pribadi

Tidak hanya sesi-sesi pembekalan materi, membangun jaringan yang kuat menjadi salah satu aspek penting dari pengembangan kepemimpinan. Oleh karena itu, AFL mengadakan agenda networking yang mempertemukan anak muda dengan berbagai latar belakang, menciptakan lingkungan untuk kolaborasi, pertukaran ide, dan potensi kemitraan. Networking space dilakukan bersama dengan AFL AIESEC in Bandung dan AFL AIESEC in UNPAD. Exposure internasional juga tidak luput diberikan untuk peserta sehingga berkesempatan bertukar cerita dengan AIESEC in Japan pada national networking space. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline