Lihat ke Halaman Asli

Ai Djubaedah

Mahasiswa

Motivator Bandung M. Aqil Baihaqi: Mengapa Motivasi Kerja Menjadi Kunci bagi Kesuksesan Karyawan dan Perusahaan?

Diperbarui: 29 Januari 2024   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Mengembangkan bisnis bukanlah sekadar tentang strategi eksternal, melainkan juga tentang bagaimana meningkatkan kondisi internal perusahaan. Pertanyaan yang harus diajukan adalah apakah karyawan telah memberikan kontribusi terbaik mereka untuk kesuksesan perusahaan. Jika jawabannya tidak, mungkin yang mereka perlukan adalah dorongan motivasi kerja.

Menurut pandangan motivator Bandung, kemajuan sebuah perusahaan tidak hanya ditentukan oleh faktor eksternal, tetapi juga oleh keadaan internal perusahaan itu sendiri. Di tengah lingkungan bisnis yang kompetitif, perhatian terhadap elemen internal seperti karyawan menjadi kunci utama. Kadang-kadang, motivasi sederhana dalam pekerjaan sehari-hari sudah cukup untuk membantu mengembangkan bisnis

Berdasarkan pendapat motivator bandung, M. Aqil Baihaqi beberapa alasan pentingnya memberikan motivasi kerja sebagai kunci kesuksesan karyawan dan perusahaan adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Retensi Karyawan

Menurut motivator Bandung, ketika memasuki dunia kerja, karyawan tentu mempunyai niat untuk bekerja maksimal dan membuahkan hasil yang baik. Jadi bisa dikatakan pada dasarnya mereka mempunyai motivasi kerja yang cukup tinggi. Tugas Anda adalah mencegah tingkat motivasi menurun atau bahkan hilang sama sekali.

Motivator Bandung berpendapat, cara meningkatkan motivasi kerja tidak terlalu sulit. Selama perusahaan Anda memiliki arah yang jelas, rasa hormat yang baik terhadap sesama karyawan, dan memiliki sumber daya yang dibutuhkan karyawan untuk bekerja, kemungkinan besar mereka akan bertahan di perusahaan Anda.

Membantu Meringankan Tugas Anda

Menurut motivator Bandung, keuntungan ini biasanya paling dirasakan pada usaha skala kecil. Dengan jumlah karyawan yang sedikit, karyawan yang termotivasi tidak akan segan-segan membantu tugas operasional Anda sehari-hari.

Dengan begitu, Anda punya lebih banyak waktu untuk memikirkan hal lain yang lebih penting. Karyawan yang memiliki motivasi kerja yang rendah dapat menghambat perkembangan usaha kecil Anda karena tidak mampu memberikan kinerja dengan kualitas yang Anda harapkan.

Meningkatkan Nilai Produk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline