Lihat ke Halaman Asli

aidah afira

Universitas Airlangga

Etika Profesi bagi Mahasiswa terhadap Ketahanan Nasional

Diperbarui: 15 Juni 2022   17:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setiap orang mempunyai etika, etika hadir sejak setiap orang dilahirkan. Etika menjadi sebuah hal yang penting dalam mereka menjalankan kehidupannya. Etika merupakan seperangkat nilai yang dimiliki setiap orang dalam baik/buruk, betul/salah suatu hal. 

Etika akan terus berada di dalam diri setiap orang dan etika tidak bisa dihilangkan, karena etika merupakan pondasi dalam diri seseorang terhadap apa yang akan dia pilih. 

Etika akan terus dibutuhkan di setiap waktu, setiap tahun hingga setiap generasi. Contohnya adalah etika profesi yang dimana merupakan acuan dalam berperilaku seseorang dalam lingkungan pekerjaan.

Etika profesi harus melekat pada seseorang dengan sifat yaitu seseorang tersebut transparansi terhadap pekerjaannya, menjunjung tinggi integritas dan loyalitas, bersikap adil dalam kepentingan masyarakat. 

Etika profesi ada karena bertujuan untuk pencegahan penyalahgunaan para pekerja, yang artinya para pekerja senantiasa untuk jujur dan bermoral. Etika profesi ini jika disepelekan oleh seseorang maka akan menjadi ancaman nyata yang sangat berbahaya dan bisa berdampak pada meruginya kehidupan manusia, pekerjaan, dan kehidupan bangsa, yang pada akhirnya akan mengancam ketahanan nasional. Hal itu sangat merugikan dan pemahaman etika dalam diri seseorang tersebut kurang. 

Dengan dukungan globalisasi yang kuat dalam setiap tahun, yang dapat bisa mengubah arah pandangan dan tindakan orang yang melakukan hal tersebut, tak heran jika ekstitensi etika dalam diri sesorang semakin terkikis. 

Jika kesadaran dalam beretika ini pudar maka ketahanan nasional negara akan menjadi taruhannya. Contohnya adalah seorang pekerja selalu bersikap nepotisme dan tidak transparansi dalam pekerjaannya. Bahkan hingga sepramg pekerja tersebut melakukan praktik penipuan hingga korupsi. Hal itu sangat menyalahi prinsip dari etika. 

Sehingga dibutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap etika. Pemahaman tersebut dapat dimulai dengan mahasiswa mengikuti webinar atau mengikuti kelas yang diadakan oleh dosen/tutor. 

Pemahaman etika bagi mahasiswa merupakan bekal bagi mereka untuk menghadapi ke jenjang yang lebih tinggi. Mahasiswa harus selalu mendapatkan pemahaman etika yang berupa prinsip dan sifat dalam beretika. 

Mahasiswa berperan penting dalam kehidupan selanjutnya dan negara, karena maahsiswa adalah generasi selanjutnya yang harus mampu bekerjasama dalam negara ini. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline