Lihat ke Halaman Asli

Aida Adha Siregar

Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

7 Unsur Komunikasi

Diperbarui: 23 November 2023   12:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: pixabay.com/komunikasi

Proses komunikasi adalah proses yang selalu berhadapan dengan kita di setiap harinya. Tentu untuk keberlangsungan komunikasi antar khayalak atau personal, memiliki unsur-unsur tertentu yang perlu diketahui dan dipenuhi. Diantaranya:

  • Sumber (Source)

Sumber adalah dasar penyampaian pesan. Bagaimana kekuatan sumber harus dipastikan untuk menguji seberapa kuat pesan yang disampaikan. Sumber harus berupa fakta yang sebenarnya terjadi. Baik melalui orang, buku, dll.

  • Komunikator (Communicator)

Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan dalam proses komunikasi. Atau dalam kata lain, orang yang sedang berbicara di dalam proses komunikasi tersebut. Seorang komunikan yang baik harus memenuhi syarat, diantaranya; Mampu mengarahkan lawan bicara/komunikan berkomunikasi dengannya, lawan bicara dapat mengerti apa yang disampaikan komunikator.

  • Pesan (Message)

Pesan adalah inti apa yang disampaikan oleh komunikator tadi. Pesan dapat berupa informatif, persuasif, dan koersif. Pesan informatif adalah pesan penting yang menyampaikan suatu informasi sesuai dengan kejelasan sumbernya. Kemudian pesan persuasif adalah pesan yang bertujuan memengaruhi sekelompok orang, atau dengan kata lain komunikator memiliki suatu kepentingan dalam berkomunikasi. Sedangkan koersif adalah pesan yang mengandung unsur sanksi-sanksi. Biasanya pendengar akan merasa tertekan ketika berhadapan dengan komunikator koersif.

  • Saluran (Channel)

Saluran komunikasi selalu menyampaikan pesan yang dapat diterima melalui pancaindra atau menggunakan media. Terdapat dua saluran komunikasi, yaitu: (1) saluran formal atau saluranyang bersifat resmi; (2) saliran informal atau saluran yang bersifat tidak resmi.

  • Komunikan (Communican)

Komunikan adalah kelompok penerima pesan. Komunikan terbagi menjadi 3 kelompok; persona, kelompok, dan massa.

  • Hasil (Effect)

Hasil adalah akhir dari suatu proses komunikasi. Yakni bagaimana sikap dan tingkah laku orang. Sesuai atau tidak sesuai dengan apa yang sudah disampaikan. Jika sikap dan tingkah laku orang tersebut sesuai, maka berarti komunikasi yang dilakukan berhasil. Demikian pula sebaliknya.

  • Umpan Balik

Umpan balik adalah feedback seorang komunikator setelah melakukan proses komunikasi. Umpan balik ada yang bersifat positif yakni umpan balik yang menyenangkan komunikator dan yang bersifat negatif yang kurang menyenangkan sang komunikator.

Nah, jadi itu 7 unsur yang ada di dalam proses komunikasi. Seperti yang sudah kita singgung di atas, untuk keberlangsungan berjalannya proses komunikasi ini dengan baik, maka perlu pemenuhan unsur-unsur di atas. 

Terima kasih!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline