Lihat ke Halaman Asli

Aida Munawaroh

MAHASISWA/ UNIVERSITAS JAMBI

Pengaruh MBKM bagi Mahasiswa

Diperbarui: 7 Maret 2023   13:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MBKM adalah singkatan dari merdeka belajar kampus merdeka yang merupakan program yang dicanangkan oleh mentri pendidikan dan kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja nantinya. Salah satunya adalah dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kepercayaan diri,dan kepekaan sosial. Kebijakan ini mengarahkan bahwa mahasiswa diberi hak untuk menentukan pilihan pola pembelajaran,sehingga mahasiswa nantinya lebih lincah dalam menghadapi kondisi sekitar yang selalu berubah ,penuh dengan ketidakpastian dan kompleksitas permasalahan.

Mereka yang MBKM mendapat kesempatan mengambil pilihan mata kuliah diluar prodi sesuai dengan pilihan mahasiswa tersebut dengan syarat memperluas dan memperdalam pengetahuan akademik minimumnya itu berada pada semester empat pada saat menduduki semester genap dan juga mereka yang memiliki indeks prestasi kumulatif(IPK) minimum 3 dari skala 4.

Memang tidak mudah di semester empat sudah turun kelapangan untuk mengajar siswa disekolah apalagi seorang mahasiswa yang kurang ilmu pengetahuan dituntut harus lebih bijak lagi dalam menggali kemampuannya sehingga nanti di sekolah bisa mengaplikasikan pembelajaran dengan baik terhadap siswanya. Apa bila seorang mahasiswa selaku guru di sekolah tidak menguasai materi pembelajaran dan juga tentu harus bisa memilih metode,model ,serta strategi pembelajaran yang pas sehingga siswa mudah memahami materi dan tidak bosan saat pembelajaran dikelas  berlangsung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline