Lihat ke Halaman Asli

Ai Chairani

If you believe than it will come true

Mengapa Burger Dianggap Tidak Sehat?

Diperbarui: 15 Desember 2020   15:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masih banyak diantara kita yang masih bertanya-tanya, mengapa burger dianggap tidak sehat? Padahal kandungan didalamnya adalah sayuran dan daging.

Nah, teman-teman, ternyata ada beberapa fakta yang kurang kita perhatikan nih! Yuk kita simak.

Meskipun didalam burger terdapat daging, ternyata daging tersebut merupakan daging olahan loh Guys! Beberapa perusahaan pembuat patty (daging) membuat komposisi dengan perbandingan sekitar 50% daging "asli" dan 50% daging dari bagian sapi yang tidak terpakai seperti tulang rawan dan lainnya. Beberapa dari mereka juga menambahkan pengawet agar tekstur daging lebih sedap untuk disantap. Meskipun tidak berbahaya, jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan menimbulkan beragam penyakit loh.

Lalu, bagaimana cara kita agar tetap dapat mengkonsumsi burger?

Jadikan kandungan burger menjadi lebih sehat :

1. Ganti daging sapi dengan daging ikan.

Daging ikan memiliki banyak kandungan baik sepeeti lemak tak jenuh, DHA, dan omega 3. Bagi kalian yang tidak menyukai daging ikan, kalian bisa membuat patty dari sayuran loh! Caranya gampang banget, banyak tutorial di internet yang dapat kalian coba.

2. Tambahkan porsi sayuran anda. 

Sebagian besar burger biasaya hanya mempunyai selrmbar daun selada didalamnya. Tidak ada salahnya kok jika kalian menambahkan beberapa lembar daun selada ditambah dengan tomat, parutan wortel atau zuccini didalamnya. Silahkan tambahkan sesuai selera ya Guys!.

3. Buat roti sendiri.

Banyak resep sederhana untuk membuat roti burger di rumah. Roti buatan rumah akan terasa lebih fresh karena dibuat tanpa bahan kimia yang tidak diperlukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline