Lihat ke Halaman Asli

Ai Muflihah

Civic Education

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 24 Juni 2021   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah lebih dari satu tahun pandemi covid-19 berlangsung di Indonesia. Covid-19 merupakan salah satu virus yang menyebabkan gangguan pada sistem pada pernapasan, infeksi pada paru-paru, hingga menyebabkan kematian. Hingga kini masih banyak penambahan jumlah masyarakat yang terpapar. Di setiap daerah, angka peningkatan kasus berbeda antara satu dengan daerah

lainnya.

Pelaksanaan sistem pembelajaran pada satuan pendidikan mengalami banyak sekali perubahan bentuk operasional yang digeneralisasi melalui kebijakan pembelajaran dan mengikut pada kebijakan sosial, yaitu instruksi social distancing hingga berujung pada himbauan lockdown.

Social distancing memberi pembatasan ruang dan waktu terhadap segenap kegiatan rutin dalam sistem pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan, mulai dari pra sekolah, sekolah dasar danmmenengah hingga pendidikan tinggi. Pembelajaran lazimnya berlangsung di ruang kelas dengan jadwal tertentu berubah menjadi pembelajaran di ruang masing-masing dengan waktu yang tidak praktis sesuai jadwal pembelajaran. Pandemi covid-19 ini sangat mengubah dunia pendidikan mulai dari proses pembelajaran, dimana biasanya belajar dilakukan di dalam kelas dengan tatap muka, tetapi sejak pandemi berlangsung berubah menjadi belajar daring (dalam jaringan).

Dimana guru, siswa dan orang tua dituntut harus bisa untuk menghadirkan proses pembelajaran yang efektif dan aktif walaupun dilaksanakan dari rumah masing-masing.

Istilah pembelajaran daring yang sebelumnya juga sudah sangat familiar dan sering dilakukan, namun sebagai alternatif di antara beberapa bentuk pembelajaran yang lebih efektif.

Saat ini, pembelajaran daring sebagai pilihan tunggal dalam kondisi pencegahan penyebaran covid 19. Dan bentuk pembelajaran ini juga dapat dimaknai pembatasan akses pendidikan. Pendidikan yang lumrah berlangsung dengan interaksi langsung antar unsur beralih

menjadi pembelajaran interaksi tidak langsung. Pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun pembatasannya tidak ketat dan tidak dalam rangka pembatasan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan penyebaran virus

seperti sekarang ini.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan

peserta didik, tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline