Lihat ke Halaman Asli

AHSONI IHSAN

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UNIVERSITAS INSAN BUDI UTOMO

Siswa-Siswi Kelas 9 MTs Ahmad Yani Jabung Ikuti Kegiatan ESQ Pasca Ujian PAT

Diperbarui: 30 Mei 2024   18:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

       

     Setelah melewati serangkaian ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang melelahkan, para siswa sekolah menengah pertama di berbagai sekolah seringkali merasakan kelegaan namun juga keletihan. Untuk membantu mereka melepaskan stres dan mengisi waktu pasca ujian dengan kegiatan yang positif. Tim PMBP Hepie UIBU yang beranggotakan 4 orang antara lain: Ahmad Taufiq, Ahsoni Ihsan, Tika Agus Tina, dan Via Almasita bersama pembimbing kelompok Dr. Endang Sumarti, M.Pd Bekerjasama dengan Kurikulum MTs Ahmad Yani mengadakan kegiatan Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) di MTs Ahmad Yani Jabung. Kegiatan "ESQ Character Building" dilaksanakan di Musholla MTs Ahmad Yani, Sukolilo Jabung pada Rabu 27 Maret 2024. Peserta training terdiri dari siswa-siswi kelas 9 yang jumlahnya sekitar 66 orang. Dipandu oleh bapak Khoirul Anam, M.Pd para siswa-siswi sangat antusias dan sangat semangat mengikuti training dari awal hingga akhir.

      Kegiatan ESQ di MTs Ahmad Yani Jabung bertujuan untuk membentuk karakter siswa melalui pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual. Kurikulum, Bapak Khoirul Anam, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini dirancang untuk membantu siswa mengenal dan mengelola emosi mereka, memperkuat nilai-nilai moral, serta meningkatkan kepekaan sosial.

      Sejalan dengan visi misi MTs Ahmad Yani, kegiatan ESQ ini berisi materi yang membangun insan berakhlaqul karimah, mengajak untuk berpikir global dan terpadu, memahami bahwa ilmu yang dipelajari, baik ayat-ayat qauliyah maupun ayat-ayat kauniyah, adalah dalam rangka beribadah kepada Allah Ta'ala.

       Pada kegiatan ESQ, Bapak Khoirul Anam, M.Pd mengajak siswa untuk merenungkan perjalanan mereka selama setahun terakhir, mengidentifikasi pencapaian serta tantangan yang telah mereka hadapi. Melalui berbagai cerita inspiratif, dan video motivasi tentang kehidupan Bapak Khoirul Anam,M.Pd berhasil membangkitkan semangat dan motivasi siswa untuk terus berusaha dan tidak mudah menyerah.

dok. pri

      Kegiatan ESQ pasca ujian PAT di MTs Ahmad Yani Jabung berjalan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk melepaskan stres setelah ujian, tetapi juga membekali mereka dengan nilai-nilai emosional dan spiritual yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan kegiatan ini, diharapkan siswa dapat menjadi individu yang lebih baik, memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, dan berintegritas. Semoga kegiatan ESQ ini dapat terus dilakukan setiap tahunnya dan diikuti oleh sekolah-sekolah lain demi mencetak generasi muda yang unggul secara akademis, emosional, dan spiritual.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline