Lihat ke Halaman Asli

Gerakan Sholat untuk Terapi ‘Salah Bantal’

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tidur dengan posisi tidak tepat, dapat menyebabkan berbagai macam keluhan terutama yang berhubungan dengan urat. Salah satu keluhan yang sering terjadi adalah ‘salah bantal’ atau istilah jawanya kecetit (maaf jika keliru). Keluhan ini biasanya disebabkan karena posisi bantal yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan urat-urat di kepala tertarik tidak normal. Bisa juga dibagian belikat (pangkal tangan dipunggung). Hal yang dirasaan adalah nyeri saat tangan digerakkan ke arah tertentu.

Saya sendiri sering mengalami keluhan ini. untuk menghilangkan nyeri dan melemaskan otot-otot (urat) yang ‘mlintir’ tadi, saya biasanya menggunakan krim pereda nyeri otot. Terkadang saya membawanya ke tukan pijat untuk ‘membetulkan’ letak urat yang salah. Bila tidak sempatke tukang pijat, saya menjemur bantal beberapa lamanya agar panas matahari dapat terserap. Setelah itu saya menempelkannya di leher agar panasnya terhantar melalui kulit.

Cara-cara tersebut saya lakukan sebelum saya ‘menemukan’ cara jitu meredakan dan menghilangkan nyeri pada urat yang ‘mlintir’. Cara itu adalah dengan ‘memanfaatkan’ gerakan-gerakan sholat.

Sebagaimana kita tahu, bahwa gerakan-gerakan sholat adalah gerakan yang mengolahragakan tubuh di satu sisi, dan pada sisi yang lain sebagai ‘olahraga’ hati dan jiwa akan ketundukan pada Yang Maha Kuasa. Gerakan sholat secara fisik terdiri atas gerakan tangan ketika takbir, bersedekap, rukuk, sujud, tahiyat, dan sebagai penopang ketika akan berdiri (gerakan lain tidak saya sebutkan karena fokus tulisan ini untuk membahasa gerakan yang dilakukan oleh tangan).

Gerakan tangan pada sholat merupakan gerakan-gerakan yang secara alami akan mengembalikan letak atau posisi tangan sesuai dengan fungsinya. Jika ada posisi tangan (urat) yang tidak pas, maka gerakan-gerakan tadi akan mengembalikan posisi urat pada letak yang seharusnya.

Kesimpulan itu saya peroleh dari sebuah keyakinan, bahwa Allah SWT pasti menginginkan kebaikan pada hambaNya ketika memerintahkan sebuah kewajiban. Dan gerakan-gerakan sholat adalah salah satu cara untuk mengembalikan fungsi anggota tubuh sesuai dengan letak dan posisinya.

Alhamdulillah, dengan terapi ini, saya tidak perlu lagi ke tukang pijat dan menjemur bantal.

Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline