Lihat ke Halaman Asli

Ahsanul Amal

Mahasiswa

Menelisik Strategi Kampanye 02 dalam Pilpres 2024

Diperbarui: 28 Maret 2024   16:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Strategi kampanye yang dilakukan Prabowo lebih tepatnya tim kampanye pasangan calon 02 menarik untuk diperbincangkan. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan citra dari figur 02 tersebut. Prabowo yang mempunyai background militer tersebut dibranding dengan gaya baru yakni "Gemoy". Dimana pada pemilu kali ini sosok Prabowo selalu berjoget di beberapa kampanyenya.

Branding "Gemoy" ini bertujuan menyasar para pemilih muda di Pemilu 2024. Perlu diketahui bahwa mayoritas dari jumlah pemilih di Pemilu 2024 adalah generasi milenial dan generasi Z. Tim marketing dari tim 02 juga cukup lihai dalam memanfaatkan berbagai platform media sosial dalam melakukan kampanye tersebut.

Dalam beberapa kesempatan, para petinggi tim kampanye 02 mengatakan bahwa mereka ingin berpolitik dengan santai dan riang gembira. Strategi yang dilakukan oleh 02 dapat dikatakan berhasil karena 02 berhasil memenangkan Pemilihan Presiden 2024 dalam pertarungan 1 Putaran. Hasil perhitungan suara KPU menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran berhasil mendapatkan jumlah suara lebih dari 50%+1 dan juga unggul di lebih dari 20 Provinsi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline