Lihat ke Halaman Asli

Ahmed Rassel

mahasiswa

Penerapan Artificial Intelligence dalam Bahasa Inggris

Diperbarui: 10 Juli 2024   16:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


oleh Ahmed Rassel

"Artificial intelligence is the future, not only for Russia but for all humankind. It comes with colossal opportunities, but also threats that are difficult to predict. Whoever becomes the leader in this sphere will become the ruler of the world." -Elon Musk

pengantar Pengajaran Bahasa Inggris menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti sebab bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang diajarkan di Indonesia. Urgensi penelitian ini dilatarbelakangi beberapa kesulitan yang dihadapi oleh para pembelajar Bahasa Inggris mencakup penguasaan Bahasa itu sendiri. Di sisi lain, pengajar Bahasa Inggris juga kesulitan memilih media pembelajaran yang cocok sebab kebanyakan mahasiswa belum menguasai Bahasa Inggris itu sendiri. Dengan demikian, pengajaran Bahasa Inggris memiliki peranan yang sangat penting bagi pengajar dan juga pembelajar Bahasa Inggris. Di sisi pengajar, mereka harus berpikir kreatif untuk menampilkan dan menginformasikan materi pembelajaran Bahasa Inggris kepada pembelajar Bahasa. Di sisi pembelajar Bahasa Inggris, pengajaran Bahasa Inggris perlu mereka pahami dengan serius sebab hak itu berkaitan dengan meningkatkan kemampuan mereka dalam pemahaman kemampuan Bahasa Inggris, seperti menulis, mendengarkan, membaca dan berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris (Hyland, 2022; Singh et al., 2021; Weel & Mangen, 2022; Ylmaz et al., 2020).Potensi kecerdasan buatan untuk meningkatkan efisiensi, inovasi, dan kualitas hidup manusia adalah luar biasa, Dengan demikian, penting bagi kita untuk memahami dan mempersiapkan diri terhadap implikasi yang kompleks dari perkembangan kecerdasan buatan ini. 

Bagaimana kita mengelola dan mengarahkan kemajuan teknologi ini akan menentukan masa depan manusia dan peradaban kita secara keseluruhan. Saat ini jelas AI berguna bagi proses pembelajaran,apalagi dalam proses pembelajaran bahasa inggris, Keterampilan dalam menulis sebuah teks berbahasa Inggris sangatlah diperlukan mahasiswa mengingat mereka memerlukan skill ini untuk keperluan studi maupun kebutuhan kerja. Dalam pengajaran Bahasa Inggris, khususnya keterampilan menulis, mahasiswa diajarkan tentang bagaimana cara membuat sebuah komposisi tulisan berbahasa Inggris dengan memperhatikan grammar, spelling, style, word choice, dan aspek penulisan lainnya. Setelah komposisi tulisan sudah dihasilkan, untuk mempermudah penilaian kualitas tulisan, mahasiswa diperkenalkan pada sebuah language service berbasis online bernama Paperrater. Paperrater ini diharapkan mampu membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menulis berbahasa Inggris secara mandiri. Language service ini mampu memberikan feedback dan grade atas tulisan yang dihasilkan dalam hitungan detik. 

Akan tetapi, Paperrater sebagai salah satu Artificial Intelligence selain memiliki kelebihan, juga memiliki kekurangan. Kekurangan inilah yang perlu disampaikan dosen kepada mahasiswa supaya mereka mampu memaksimalkan penggunaan Paperrater ini. Bagaimanapun juga Paperrater adalah ciptaan manusia, sehingga kecerdasan manusia atau kecerdasan alamiah tetap diperlukan dalam penggunaan Artificial intelligence. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggabungan Artificial Intelligence dengan kecerdasan alamiah dalam pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Inggris. Secara detail, penulis akan membahas beberapa hal mengenai penerapan AI terhadap proses pembelajaran bahasa inggris. Terkait itu, ada tiga artikel ilmiah sebagai "alat bantu" guna menelisik ketiga ihwal tadi. Pertama, artikel "Penggabungan Artificial Intelligence dan Kecerdasan Alami dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Inggris" (2019) Chyntia Heru Woro Prastiwi,dkk.kedua artikel "Persepsi pengajar dan pembelajar bahasa inggris terhadap penggunaan artificial intelligence (AI) untuk literary writing" (2024) Ririn Pratiwi Suharto dan Andi Reza Maulana.Ketiga artikel "artificial intelligence application dalam pembelajaran speaking: persepsi dan solusi" (2023) Suci Suciati dkk.

Berikutnya tulisan ini akan diisi dengan saran-saran seputar penggunaan AI dalam proses pembelajaran bahasa inggris Kelak, diharapkan beberapa saran itu dapat diwujudkan di tiap-tiap sekolah, termasuk SD,SMP,SMA, dan PTN serta instansi lainnya, sehingga AI dapat digunakan secara baik dan benar, dan mampu membantu penggunanya di kemudian hari. Artificial Intelligence and Human Intelligence dalam pendidikan bahasa inggris. Pendidikan tinggi atau tingkat universitas telah menempatkan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dan pengajaran. Mahasiswa dituntut untuk memiliki kemandirian belajar dengan cara melibatkan mereka secara langsung dalam pembelajaran. 

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh para dosen pengajar bahasa adalah bagaimana membantu mahasiswa untuk bertanggung jawab atas proses belajar mereka sendiri. Scarlet and Szabo (2000) menyimpulkan bahwa mencetak seorang pembelajar yang mandiri (an autonomous learner) harus memiliki menempuh tahapan: meningkatkan kesadaran mahasiswa, mengubah sikapnya, dan mentransfer peranannya. Sedangkan Dornyei (2001) menambahkan bahwa technology-based approach dapat mendorong kemandirian belajar mahasiswa. 

Xhaferi (2011) mengungkapkan bahwa interaksi antara manusia dengan AI merupakan salah satu solusi atau kolaborasi untuk membantu manusia di dunia. Dengan demikian, teknologi pada AI harus dimanfaatkan dalam pendidikan tingkat universitas karena dapat memotivasi mahasiswa maupun dosen untuk lebih terlibat secara aktif pada proses pengajaran dan pembelajaran yang difokuskan pada tercapainya kemandirian belajar. Kelley et al. (2016) mengeluarkan istilah a cyborg as "a crossbreed of a human and a machine" atau perpaduan antara manusia dan mesin. AI berperan penting dalam pendidikan level universitas karena memiliki beberapa keuntungan, yaitu: 1. Lebih powerful dan lebih bermanfaat 2. Meningkatkan interfaces 3. Menyelesaikan masalah karena dapat mendiagnosa dan memberikan hasil secara detail dalam hitungan detik 4. Lebih baik dalam menghandle informasi 5. Mengkonversi informasi menjadi pengetahuan Selanjutnya, penelitian oleh Rezaei dan Ahmadabadi (2018) yang berjudul "The effect of using Artificial Intelligence as a tutoring system on speaking skills" menunjukkan bahwa penggunaan teknologi Artificial Intelligence dalam pembelajaran speaking dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan speaking mereka.Pada tahun 2022 telah dilakukannya penelitian oleh Suciati dkk. Dengan subjeknya yaitu mahasiswa dari program studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) angkatan 2022, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa TBI kelas A yang berjumlah 31 mahasiswa.Adapun hal yang diangkat dalam penelitian itu adalah problem dan alternatif mahasiswa tentang pemanfaatan Artificial Intelligence Application dalam pembelajaran speaking di perguruan tinggi.

Pratiwi suharto dkk(2024). juga telah melakukan penelitian dalam bentuk pengisian kuesioner dengan judul Persepsi Pengajar Bahasa Inggris Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Untuk Literary Writing. Subjek penelitian sebanyak 24 orang yang terbagi menjadi 4 orang yang berasal dari pengajar Bahasa Inggris, dan 20 orang yang berasal dari pembelajar Bahasa Inggris. Sumber data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada pengajar dan pembelajar Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan Artificial Intelligence (AI) untuk pembelajaran Literary Writing dilihat dari persepsi pengajar dan pembelajar Bahasa Inggris.Ada 5 pernyataan dalam kuesioner tersebut,5 diantaranya yaitu: 1. Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk menyiapkan rencana pembelajaran satu semester. 2. Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk menyiapkan materi Pembelajaran. 3. Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan atraktif. 4. Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk mengevaluasi hasil belajar Literary Writing. 5. Artificial Intelligence (AI) memudahkan pekerjaan pengajar Bahasa Inggris selama perkuliahan Literary Writing. 

Dilengkapi pula dengan 5 keterangan yaitu: STS: Sangat Tidak Setuju TS: Tidak Setuju N: Netral S: Setuju SS: Sangat Setuju Persepsi pengajar Bahasa Inggris terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) ditampilkan ke dalam lima pernyataan. Lima pernyataan tersebut mendapatkan respons yang berbeda dari responden. Selanjutnya, hasil respons dari responden dijelaskan sebagai bahan analisis. Berdasarkan pernyataan pertama terkait "Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk menyiapkan rencana pembelajaran satu semester", terdapat 1 responden yang menyatakan tidak setuju, 1 responden yang menyatakan setuju dan 2 responden yang menyatakan sangat setuju. Hal itu menunjukkan bahwa penggunaan AI juga memberikan respons yang positif terhadap pengajar Bahasa Inggris. Mereka terbantu untuk menyelesaikan Rencana Pembelajaran Semester tentang Literary Writing. Di sisi lain, terdapat respons negatif dari responden yaitu AI tidak mampu membantu pengajar Bahasa Inggris dalam menyelesaikan RPS. Hal itu terkait dengan penyusunan RPS memang tidak bisa digantikan dengan teknologi apa pun, dimana harus dilakukan oleh pengajar yang bersangkutan. Pada pernyataan kedua terkait "Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk menyiapkan materi pembelajaran" terdapat respons yang berbeda. Terdapat 1 responden menyatakan tidak setuju, 2 responden yang menyatakan setuju dan 1 responden yang menyatakan sangat setuju. Berdasarkan respons tersebut, respons positif terlihat dari penggunaan AI untuk materi pembelajaran yaitu topik-topik yang disampaikan untuk materi Literary Writing. 

Selain itu, respons negatif juga muncul pada pernyataan ini dimana peran pengajar Bahasa Inggris yang utama untuk mengembangkan materi perkuliahan secara kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan jaman. Pada pernyataan tentang "Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan atraktif" terdapat 2 responden yang menyatakan setuju dan 2 responden yang menyatakan sangat setuju. Pada pernyataan ini respons positif muncul bahwa penggunaan AI memberikan kontribusi dalam kegiatan pembelajaran. Pengajar Bahasa Inggris memanfaatkan beberapa penggunaan AI untuk menyampaikan materi pembelajaran. Dengan demikian, materi yang disampaikan menjadi menarik perhatian pembelajar Bahasa Inggris. Pernyataan keempat tentang "Artificial Intelligence (AI) membantu pengajar Bahasa Inggris untuk mengevaluasi hasil belajar Literary Writing" terdapat 1 responden yang menyatakan netral, 2 responden yang menyatakan setuju dan 1 responden yang menyatakan sangat setuju. Pernyataan tersebut menunjukkan respons positif dimana penggunaan AI membantu pengajar Bahasa Inggris untuk mengevaluasi tugas mahasiswa, seperti pengecekan kalimat mahasiswa menggunakan AI dapat dilakukan dengan cepat dan menghemat waktu dalam proses penilaian. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline