[caption id="attachment_64525" align="alignright" width="300" caption="ilustrasi (www.sxc.hu)"][/caption] Pada tulisan terdahulu, saya membahas masalah kreatif pada gambar atau pic. Postingan kali ini akan membahas masalah kreatid dari sisi merangkai kata atau melahirkan tulisan. Read Bunzel dalam bukunya Guidelines for Radio Copywriting menyatakan bahwa: 1. Setiap orang sebenarnya kreatif. 2. Kreatif sama sekali bukan barang baru. 3. Lahirnya sebuah kreatifitas bergantung pada tiga hal:
a. Bagaimana seseorang mendidik dirinya sendiri, b. Persepsi seseorang pada dunia, c. Kemampuan seseorang mencarikan pengalaman diri guna menyusun gagasan.
4. Pentingnya kemampuan mengatur waktu. 1 jam sama dengan 60 menit. Artinya, setiap orang mempunyai kemampuan yang sama dalam mengelola 60 menit tersebut untuk menghasilkan sebuah karya tulisan yang kreatif. 5. Diperlukan kemampuan mengingat dan mengkomunikasikan ide. Karena, sebuah ide harus disampaikan hingga dimengerti oleh pembaca. Kondisi ini dapat diwujudkan jika cara penyampaiannya komunikatif. 6. Biasakan menulis segera segala yang tengah berkecamuk di kepala dan di hati dalam bentuk tulisan. Tidak perduli nantinya akan menjadi karya atau tidak. 7. Selalu ada waktu untuk membuat tulisan yang kreatif. Istilah tidak ada waktu atau kekurangan waktu sesungguhnya sangat tidak tepat. Karena, waktu tetap saja 24 jam namun pengelolaannya yang sangat penting. Untuk memperoleh sumber kreatif hanya dapat dilakukan oleh kelompok orang yang kreatif. Di dalam diri orang-orang kreatif tersimpat sifat-sifat yang mendukung terwujudnya sebuah karya tulis kreatif. Safat-sifat yang mendukung karateristik khusus orang-orang kratif adalah: 1. Curious atau dorongan untuk mencari tahu. Orang kreatif haruslah mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Ia akan senatiasa mencari jalan keluar agar keingintahuannya tercapai. Faktor kemauan, kemampuan, dan lingkungan memegang peranan sangat penting. Namun biasanya, orang-orang kreatif mampu mengatasinya. 2. Agent of change of development atau agen perubahan. Oorang-orang kreatif selalu mampu menciptakan sesuatu hal yang membuka mata pembaca. Idenya orisinil karena ia selalu mengikuti setiap peristiwa yang berkembang di masyarakat. 3. Open mind atau bersikap terbuka. Seseorang yang kreatif selalu dapat beradaptasi terhadap lingkungan dan sangat peduli terhadap perkembangan yang terjadi di masyarakat. Ia adalah seorang yang kritis. 4. Question and answer atau keinginan untuk selalu bertanya dan menjawab. Yaitu sikap yang tidak pernah diam. Seseorang yang kreatif tidak akan pernah puas dengan satu pertanyaan dan satu jawaban. Satu pertanyaan dan satu jawaban tersebut selalu dikembaangkan untuk mencari alternatif dan solusi. Jadi kesimpulannya, saya sangat mengapresiasi positif terhadap para blogger yang selalu produktif melahirkan tulisan, termasuk di blog sosial Kompasiana. Sumber informasi dari Buku Copywriting (Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan) karya Agustrijanto untuk pembelajaran diri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H