Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UNDIP Memberdayakan Masyarakat dalam Memahami Pentingnya Digitalisasi

Diperbarui: 13 Agustus 2023   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN Memberdayakan Masyarakat dalam Digitalisasi (Dokpri)

Tanjungrejo, Sukoharjo (30/07/2023). Pemberdayaan masyarakat dalam memahami digitalisasi adalah langkah penting menuju desa yang adaptif terhadap perubahan. Dengan pengetahuan dan keterampilan teknologi, masyarakat dapat mengambil manfaat dari inovasi digital untuk meningkatkan ekonomi, partisipasi, dan pemberdayaan mereka. Desa digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang menciptakan masyarakat yang terhubung, cerdas, dan berkelanjutan.

Menurut data dan informasi yang didapatkan dari kegiatan pelayanan masyarakat dan hasil wawancara dengan beberapa masyarakat dan perangkat Desa Tanjungrejo, diketahui bahwa masih minimnya pemahaman masyarakat tentang pentingnya digitalisasi desa yang dapat membantu warga dalam mencari berbagai informasi seperto pelayanan masyarakat, pengenalan desa, potensi unggulan, letak geografis, gambaran demografis, etimologi, dll. Melalui permasalahan tersebut, mahasiswa ingin memberikan  kontribusi kepada masyarakat berdasarkan ilmu yang sudah didapatkan di perkuliahan. Salah satu mahasiswa Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Tim II TA 2022/2023 membuat program yang berjudul "Pemberdayaan Masyarakat Terkait Sadar Digitalisasi Guna Membangun Desa Digital" dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi akan sadarnya digitalisasi guna membangun adanya desa digital di Desa Tanjungrejo. Pelaksanaan program ini dilakukan di Karang Taruna Dusun 1 Desa tanjungrejo, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo pada 30 Juli 2023 Oukul 19.00-21.00.

Wawancara dengan Perangkat Desa Oleh Mahasiswa KKN (Dokpri)

Dalam upaya membangun Desa Digital yang berdaya saing, Mahasiswa KKN Tim II Undip TA 22/23 Desa Tanjungrejo mengambil langkah inovatif dengan mengadakan "Sounding" untuk mengetahui kebutuhan terkait website surat desa. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan akses masyarakat terhadap surat-surat yang diperlukan, hasil dari "sounding" digunakan sebagai panduan dalam mengumpulkan berbagai jenis surat dari kelurahan. Surat-surat ini kemudian diorganisir dan dikelompokkan berdasarkan kategori untuk mempermudah akses dan pencarian. Dengan bantuan Surabaya Web Tech, sebuah website "Surat-Desa" dibuat di bawah alamat https://surat-desa.surabayawebtech.com/. Ini merupakan platform yang memungkinkan warga untuk mengakses surat-surat yang dibutuhkan secara online, mengurangi kerumitan proses administratif. Sebagai bagian dari tahap tindak lanjut, masyarakat diberikan pemahaman tentang manfaat digitalisasi, khususnya terkait "Desa Digital" dan platform Surat-Desa. Mereka diberikan informasi tentang kemudahan mengakses surat-surat, keuntungan dari desa digital, serta bagaimana tindak lanjut dari hasil "sounding" dilakukan.

Melalui langkah-langkah inovatif tersebut dan dengan pembentukan platform Surat-Desa, Desa Tanjungrejo mengambil satu langkah lebih maju menuju desa digital yang lebih terhubung dan efisien. Hal tersebut menjadi salah satu bukti bagaimana pemberdayaan masyarakat dalam memahami dan mengadopsi digitalisasi dapat menghasilkan dampak positif dalam pelayanan dan pengembangan desa.

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digitalisasi oleh Mahsiswa KKN (Dokpri)

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses segala informasi dan pelayanan yang lebih cepat, tanggap, dan efisien melalui pemanfaatan teknologi yang tersedia. 

Penulis : Khairunnisa Salsabila/ Program Studi S1 Psikologi Fakultas Psikologi KKN UNDIP TIM II 2022/2023 Desa Tanjungrejo; Kecamatan Nguter; Sukoharjo

 

DPL:  Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.

            Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D..IPM

            Dr. Ir. Ainie Khuriati RS, DEA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline