Koneksi Antar Materi Modul 3.2 : Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Oleh : Ahmad Zul Okfiandi, S.Pd. (CGP Angkatan 11 - Kab. Tanggamus)
Dalam alur belajar merdeka materi Koneksi Antar Materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dengan menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya. Membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul ini dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.
Sekolah Sebagai Ekosistem
Ekosistem merupakan sebuah tata interaksi antara makhluk hidup dan unsur yang tidak hidup dalam sebuah lingkungan. Jika diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis.
Satuan Pendidikan Sebagai Komunitas
Satuan pendidikan sebagai sebuah komunitas, mempunyai hak mengatur, melaksanakan, dan mengawasi kegiatan pendidikan agar efisiensi dan efektivitas penyelenggara pendidikan dapat tercapai seperti yang diisyaratkan dalam standar pengelolaan pendidikan. Untuk dapat menyelenggarakan pendidikan secara efektif dan efisien, tentu membutuhkan peran seluruh warga sekolah melalui pendekatan komunitas berbasis aset.
Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development)
Asset-Based Community Development (ABCD) atau Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) adalah suatu pendekatan menekankan pada nilai, prinsip, cara berpikir mengenai dunia, memberikan nilai lebih pada kapasitas, kemampuan, pengetahuan, jaringan, dan potensi yang dimiliki oleh komunitas. Menekankan dan mendorong komunitas untuk dapat memberdayakan aset yang dimilikinya serta membangun keterkaitan dari aset-aset tersebut agar menjadi lebih berdaya guna.
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan 'Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya' dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.
"Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya adalah seorang pemimpin yang mampu menerapkan pendekatan berbasis kekuatan/aset dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dalam menunjang proses pembelajaran. Pemimpim ini memanfaatkan segala potensi yang dimiliki dalam memberikan pembelajaran yang optimal sesuai dengan kebutuhan murid, serta tidak berkeluh kesah atas segala kekurangan dan keterbatasan, namun merubah paradigma maju agar lebih kreatif dalam mengelola aset untuk menunjang proses pembelajaran yang seusai dengan kebutuhan murid."