1. Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum melalui proses pembelajaran?
Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum melalui proses pembelajaran yakni saya akan mempelajari lebih mendalam terkait ‘Zone of Proximal Development (ZPD)
2. Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik ini saya mempelajari konsep berupa Menemukan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD), Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) Dalam Perspektif Teoritis Vygotsky, Mengidentifikasi (Dan Menjelaskan) Zona Subjektif Perkembangan Proksimal: Peran Imitasi, Perspektif Dan Implikasi (Sebagai Pengganti Ringkasan)
3. Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?
Pada ruang kolaborasi saya dengan rekan sekelompok mempelajari tentang berbagi pemikiran mengenai pandangan mengenai Pembelajaran pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD)’ yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran.
4. Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demontrasi kontekstual yang Anda jalani?
Hal penting yang dipelajari dari proses demontrasi kontekstual yakni bersama rekan kelompok mempresentasikan hasil pemikiran dan diskusi terkait berbagi pemikiran mengenai pandangan mengenai Pembelajaran pada ‘Zone of Proximal Development (ZPD)’ yang mempengaruhi proses pendidikan serta pembelajaran.
5. Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?, Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?, Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
ZPD penting dalam pendidikan karena membantu guru mengidentifikasi tingkat tantangan yang sesuai untuk setiap siswa dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka belajar dan berkembang. Dengan memberikan dukungan dalam ZPD, guru dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan baru dan bergerak menuju kemandirian dan penguasaan yang lebih besar.
6. Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?