Lihat ke Halaman Asli

Bahasa Indonesia di Kalangan Remaja dan Upaya Memepertahankannya

Diperbarui: 21 Mei 2021   11:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara telah digunakan sebagai alat komunikasi lisan dan tulisan. baik formal maupun informal.

Bahasa Indonesia memegang peranan penting pada semua aspek kehidupan, Terutama dalam hal komunikasi. Tetapi keadaan yang ada sekarang Bahasa Indonesia mulai digantikan oleh bahasa asing dikarenakan perasaan yang menyakini bahwa akan terlihat modern jika kita menggunakan bahasa asing.

Di era milenial ini, penyalahgunaan Bahasa dengan cara mencampura Bahasa Indonesia dengan bahasa asing ataupun bahasa gaul daripada menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pada zaman dahulu Bahasa Indonesia digunakan dengan baik dan benar sesuia kaidah berbahasa. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan pengaruh budaya luar, Bahasa Indonesia rusak di tangan para pemudannya sendiri. Pengunaan Bahasa Indonesia. oleh remaja masa kini sangat tidak sesuai dengan kaidah berbahasa yang baik dan benar. Remaja mencampur adukkan Bahasa Indonesia dengan bahasa-bahasa daerah dan bahasa asing. Kemudian menyebutnya sebagai "Bahasa Gaul" kosakata baru banyak muncul untuk mengganti kata-kata dalam Bahasa Indonesia. Misalnya "Gue", digunakan untuk mengganti kata"Saya": "Loe" untuk mengganti kata "Kamu": dll. penggunaan bahasa gaul ini tidak hanya di lingkungan pergaulannya saja, namun telah mendarah daging dan sering digunakan dalam berkomunikasi di Sekolah. Hal ini dikarenakan seiringnya menggunakan bahasa gaul tiap haarinya. Mulai dari komunikasi lisan maupun tulisan.

Tiada masalah tanpa solusi, sama hanya dengan permasalahan ini Tersisihnya Bahasa Indonesia ini dapat diatasi dengan beberapa upaya dalam mempertahankan  Bahasa Indonesia, Diantaranya yaitu dengan menanamkan rasa cinta Tanah Air sejak dini, membiasakan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, menyusun undang-undang kebahasaan. Dengan melakukan beberapa upaya tersebut, pertahanan Bahasa Indonesia akan lebih terjaga keberadaannya. Seseorang yang memiliki jiwa cinta Tanah Air akan ikut serta melakukan berbagai upaya dalam mempertahankan negara Indonesia. 

Tidak ada salahnya kalangan remaja menggunakan bahasa gaul, asalkan tidak menghilangkan kaidah Bahasa Indonesia, Terutama saat sedang melakukan komunikasi, formal. Ejaan Bahasa Indonesia juga selalu diperbarui seiring berjalannya waktu. mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Namun, hal ini tidak menjadi faktor hilangnya Bahasa Indonesia. Anak bangsa sendiri lah yang menyalahgunakan bahasa, sehingga mengakibatkan kaidah Bahasa Indonesia tergeser oleh bahasa gaul dan asing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline