Lihat ke Halaman Asli

ahmad syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Pembentukan Karakter Lewat P5

Diperbarui: 20 November 2022   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kolase kegiatan solat duha berjamaah di Masjid dilaksanakan sebelum KBM di kelas (dokpri)

Amanat dalam Kurikulum Merdeka adalah terbentuknya Pelajar Pancasila sebagai output dari proses pembelajaran di setiap tingkatan.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kota Surabaya sebagai salah satu Madrasah di Surabaya yang mendapat pengesahan sebagai sekolah pelaksana Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022 berusaha mewujudkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan apa yang tertuang dalam Kurikulum Merdeka.

Terkait dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila MTsN 4 Kota Surabaya sebenarnya sudah melakukan kegiatan pembiasaan guna membentuk karakter yang Berakhlakul Karimah serta semangat cinta tanah air dan semangat gotong royong yang merupakan inti dari Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan sebagai berikut

1. Kegiatan rutin salat duha berjamaah di Masjid Al Hikmah  untuk siswa kelas 8 dan 9 sebanyak 4 rekaat dengan dua kali salam, setelah salat berjamaah dilanjutkan dengan tadarus Al Quran dengan membaca Surat-surat pilihan yaitu Surat Yasin, Surat Ar-Rahman dan Surat Al Waqiah untuk hari Selasa, Rabu dan Kamis, untuk hari Jumat setelah salat duha dilanjutkan dengan Ngaji Kitab Kuning yang di asuh oleh Ust.H. Mad Toha, Guru Bahasa Arab dan Dai anggota IKADI Jawa Timur.

2.  Untuk kelas 7 kegiatannya adalah BBQ yang dibagi menjadi kelas BBQ dengan metode Tilawati untuk 7 kelas dan dua kelas Tahfiz bagi anak-anak yang sudah lancar bacaan Al Quran dan sudah hafal beberapa surat Al Qur'an atau anak-anak yang masuk PPDB melalui jalur khusus Tahfiz, ini dilakukan mulai hari Selasa sampai hari Jumat.

3. Kegiatan Apel pagi dilaksanakan setiap hari Senin, untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, gotong royong serta menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan siswa.

Kegiatan yang bisa menciptakan Profil Pelajar Pancasila sekaligus mengurangi potensi terjadinya perundungan/bullying antar siswa sehingga akan tercipta kondisi sekolah yang menyenangkan dan dirindukan oleh siswa sebagai rumah kedua dalam mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

4. Pengembangan kemampuan olah raga, seni, budaya dan literasi melalui kegiatan ekstrakurikuler yang banyak ragamnya dan telah berhasil mengantarkan siswa MTsN 4 Kota Surabaya meraih kejuaraan dan lomba baik tingkat Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur bahkan beberapa berprestasi di Tingkat Nasional.

5. Program Sistem Kredit Semester yang merupakan program khusus untuk anak yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata yang akan masuk kelas khusus yang masa belajarnya hanya 2 tahun 

 Bagaimana dengan kegiatan di tempat Anda?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline