Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Untuk Apa Kegiatan MATSAMA?

Diperbarui: 18 Juli 2022   10:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kolase Pembukaan MATSAMA (Masa Taa'aruf Siswa Madrasah) MTsN 4 Kota Surabaya (dokpri)

Surabaya, 18 Juli 2022.

Mengawali kegiatan awal pelajaran tahun 2022-2023 baik sekolah maupun madrasah mulai dari tingkat dasar SD/MI, tingkat menenagah SMP/MTs dan tingkat atas SMA/SMK dan MA, selalu mengadakan kegiatan orientasi atau pengenalan dengan nama yang berbeda yaitu MPLS untuk Sekolah dan MATSAMA untuk Madrasah.

Senin 18 Juli 2022 MTs Negeri 4 Kota Surabaya mengadakan kegiatan Masa Ta'aruf Madrasah (MATSAMA) yang diikuti oleh 283 siswa baru, siswa yang tergabung selaku pengurus OSIS Madrasah, Bapak/ibu guru dan pegawai, berlangsung di halaman MTsN 4 Kota Surabaya

Acara pembukaan MATSAMA dalam format Upacara Bendera dengan pemnbina upacara, H.Choirur Roziqin, Kepala MTsN 4 Kota Surabaya  menyampaikan tiga hal untuk peserta MATSAMA yang untuk pertama kalinya bertemu dengan teman baru, guru baru dan lingkungan belajar yang juga baru, karena sebelumnya mereka adalah siswa SD atau MI di tempatnya masing-masing, ketiga hal yang disampaikan oleh Pembina Upacara adalah :

1. Siswa madrasah harus berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari baik saat di madrasah, di rumah maupun dalam pergaulan di madrasah, menghormati orang tua, bapak ibu guru dan saling menyayangi sesama manusia termasuk teman-teman di madrasah.

2. Siswa harus melaksanakan ibadah secara istiqomah, mulai dari kebiasaan mengaji, melaksnakan solat wajib maupun solat sunah berjamaah. Kebiasaan di MTsN 4 Kota Surabaya diawali dengan salat duha berjamaah dilanjutkan membaca al quran setiap hari sebelum melaksanakan pembelajaran. Waktu istirahat siang siswa MTsN 4 Kota Surabaya melaksanakan solat duhur berjamaah, dan diakhiri solat asar berjamaah sebelum pulang ke rumah.

3. Siswa Madrasah harus memiliki mental juara, dengan berprestasi di semua bidang baik akademik maupun non akademik, Untuk kegiatan non akademik (kegiatan ekstra kurikuler) MTsN 4 Kota Surabaya menyiapka bermacam kegiatan seperti Pramuka, Paskibraka, Silat, Banjari, Futsal, Bulu tangkis, beragam kesenian dan lainnya.

Acara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Madrasah kepada dua perwakilan peserta yang diikuti oleh selurh peserta Upacara dan Pelepasan Balon ke udara dengan baner MATSAMA MTsN 4 KOTA SURABAYA Tahun Pelajaran 2022-2023.

Acara Matsama berlangsung selama tiga hari, 18-20 Juli 2022 dengan berbagai materi ibadah, penguatan karakter, moderasi beragama, pola hidup sehat, Cara belajar efektif, PBB, dan bakti sosial pada akhir acara.

Selamat datang peserta didik baru MTsN 4 Kota Surabaya, jadilah siswa yang Mandiri Berprestasi.

Madrasahku, 18 Juli 2022




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline