Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Syaihu

Guru MTsN 4 Kota Surabaya

Silaturahmi dan Sarapan Bersama

Diperbarui: 20 Juni 2022   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sarapan Pagi bersama alumni biru putih pererat tali silaturahmi (dokumen pribadi)

Silaturahmi adalah perbuatan baik yang dianjurkan oleh Islam, seperti yang ada dalam Al Quran surat An-Nisa 36 yang artinya

Artinya: "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri." 

Program rutin dari Alumni SMP Sunan Giri Menganti-Gresik adalah mengadakan silaturahmi secara bergiliran di rumah anggota sebulan sekali yang dikemas dalam acara Sarapan Pagi bersama. 

Setelah acara Halal Bihalal bulan lalu, bulan ini giliran Silaturrahmi bertempat di rumah Khumaidah salah satu anggota Alumni yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari rumah anggota lainnya, karena anggota alumni ini sebagian besar dalam satu Kecamatan yaitu Menganti Kabupaten Gresik. 

Acara dimulai tepat pukul 08.30 WIB dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua Alumni Ainur Rofiq, dengan gaya bicara yang lugas dan nyatai menyampaikan ucapan syukur kepada Allah SWT, dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. 

Ainur Rofiq juga mengajak pada semua yang hadir untuk membacakan Surat Al fatihah yang dihadiahkan kepada para guru SMP Sunan Giri, juga pada teman sesama alumni yang sudah mendahului kita menghadap Allha SWT. 

Setelah itu sambil menikmati hidangan yang disediakan oleh tuan rumah berupa jajan pasar dengan menuman alami ramuan herbal yang cocok untuk dikonsumsi pagi itu, Ainur Rofik mengajak alumni yang hadir untuk bermusyawarah tentang kegiatan liburan sekolah bulan Juli yang akan datang, dari hasil usulan dan akhirnya acara Wisata Keluarga pada bulan Juli 2022 berlokasi di daerah Probolinggo Jawa Timur, acara akan diadakan pada 16 Juli 2022. 

Harapannya seluruh anggota alumni SMP Sunan Giri Angkatan tahun 1982 bisa mengikuti acara tersebut bersama suami atau istrinya masing-masing. Akhinya acara diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Mushollin, dilanjutkan sarapan pagi bersama yang sudah disiapkan oleh tuan rumah Khumaidah. 

Menikmati kebersamaa sambil ngemil jajanan pasar sesama alumni (dokpri

Sarapan dengan menu Nasi Putih, Nasi jagung dengan lauk pauk, ayam, bebek, ikan asin, kulupan dan tak lupa sambal tomat yang menggoda selera, ditambah dengan aneka minuman baik yang panas maupun yang dingin. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline