Lihat ke Halaman Asli

Upaya Menyelesaikan Masalah Rekayasa Umum dalam Bidang Mekatronika, Robotika dan Otomasi Industri

Diperbarui: 15 Oktober 2021   16:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Rekayasa umum merupakan bahasa lain dari Teknik, yaitu suatu penerapan ilmu dan juga teknologi yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupan manusia. 

Dengan cara menyelesaikannya dengan ilmu pengetahuan perhitungan matematika dan kemampuan berimajinasi untuk mendesain dan menerapkannya ke kehidupan manusia untuk mendukung kemajuan peradaban manusia.

Konon katanya, kemampuan merekayasa atau kemampuan Teknik manusia sudah ada dalam diri manusia sejak lahir dan natural secara alami tertanam. 

Bagaimana cara kita mengetahuinya? bahkan sejak zaman purba sudah bisa dibuktikan dengan adanya peralatan dari batu yang manusia zaman purba gunakan untuk memahat, memotong dan lain lain. 

Tetapi, sebelum para manusia zaman purba membuat alat untuk memahat dan memotong, mereka pasti akan gagal terlebih dahulu untuk bisa berhasil membuat alatnya.

Dengan kata lain, rekayasa atau Teknik merupakan proses pemecahan masalah yang melalui serangkaian trial dan error dalam membuat sesuatu,gagal bukanlah akhir dari segalanya, gagal hanyalah permulaan. 

Bahkan Thomas Alva Edison pun menciptakan lampu membutuhkan 1000 kali percobaan agar sebuah tali kecil di dalam sebuah kaca bisa menyinari dunia di dalam kegelapan. 

Oleh karena itu, rekayasa pasti sangat dibutuhkan oleh kehidupan dan perkembangan zaman. Artikel ini akan membahasan beragam cara atau upaya dalam meneyelasaikkan rekayasa umum dalam  bidang mekatronika, robotika dan ototomasi industri.

  • Mekatronika

Pasti sangat asing kan sama Mekatronika dan bertanya-tanya, apa itu mekatronika? Mekatronika sendiri memiliki arti dimana didalam jurusan tersebut mempelajari tentang mekanika, elektronika, informatika ,dan juga hubungan dari beberapa sub ilmu. Kita juga mempelajari ilmu dasar tentang ke teknikan. 

Jurusan ini juga bisa sibilang paket komplit, mengapa? Karena dalam bidang ini tidak hanya mempelajari tentang satu bidang ilmu saja tetapi mempelajari banyak bidang salah satunya mempelajari tentang konsep dasar robotika, rancangan robot serta aplikasi di bidang industri. Daya saingnya tergantung pada produktivitas,serta tingkat ke efisien an nya.

Kenapa harus belajar Mekatronika? Karena semakin kesini,para perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang robotika. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline