Riset Pasar Ekspor Dengan Menyaring Pasar Potensial
Dalam melakukan perdagangan ekspor tentu memiliki banyak tantangan yang harus di lalui salah satunya adalah penentuan pasar untuk produk yang kita miliki, oleh sebab itu kita perlu melakukan riset pasar dengan menyaring pasar potensial yang mana ada beberapa cara untuk melakukan penyaringan pasar potensial menurut J.Capela di dalam bukunya "Import/Ekport for Dummies"
1.Fokus pada kebutuhan
Langkah pertama yang logis adalah melakukan penyaringan awal berdasarkan kebutuhan. Kebutuhan adalah kekurangan sesuatu. Jika pasar tidak membutuhkan produk Anda, upaya apa pun dari Anda tidak akan memungkinkan Anda untuk berhasil memasarkan barang di negara tersebut. Misalnya, jika produk Anda adalah AC, kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan banyak pasar untuk produk tersebut di Islandia.
2.Persempit daftar negara
Persempit daftar negara dengan mengidentifikasi lima atau lebih pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk produk Anda. Tentukan apakah pertumbuhan ini konsisten selama beberapa tahun terakhir. Anda dapat melakukannya dengan melihat penjualan selama dua hingga empat tahun terakhir. Cobalah untuk mengidentifikasi pasar- pasar yang pertumbuhannya konsisten dari tahun ke tahun. Selain itu, cobalah mencari tahu apakah ada kondisi ekonomi (seperti inflasi atau resesi) yang dapat memengaruhi tren ini
3.Kembangkan daftar sekunder
Buat daftar negara sekunder, daftar yang mungkin tidak sebesar lima negara teratas Anda, tetapi dapat memberikan peluang untuk pertumbuhan di masa mendatang. Carilah pasar yang mulai tumbuh dan dengan lebih sedikit pesaing daripada lima besar Anda. Jika pasar negara berkembang mulai terbuka, Anda mungkin menemukan jumlah pesaing lebih sedikit daripada yang mungkin Anda temukan di pasar yang sudah mapan. Negara-negara yang mewakili pasar yang sedang naik daun ini juga harus memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi, sehingga menawarkan beberapa potensi yang menarik.
4.Persempit daftar ke pasar yang paling menjanjikan
Persempit daftar ke pasar yang menurut Anda paling menjanjikan. Berkonsultasilah dengan konsultan perdagangan di kantor distrik Departemen Perdagangan setempat, Pusat Pengembangan Usaha Kecil (www.sba.gov/sbdc), perusahaan pengiriman barang, rekan bisnis, dan lainnya sebelum melanjutkan ke tahap penilaian.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H