Peran Lingkungan Bahasa Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masakah lemahnya proses pembelajaran, peserta didik kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir terarah terbimbing, menghafal pelajaran sehingga otak anak di pakasa untuk mengingat, menghafal, serta menimbun informasi-informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya peserta didik lulus dari sekolah hanya menguasai ilmu pengatahuan secara teoritis, tetapi tidak dalam pengalamannya.
Dizaman yang serba praktis ini sebenarnya kita semua dimanjakan dengan segala macam kemudahan terutama dalam bidang pembelajaran bahasa asing. Kini telah banyak tempat-tempat kursus yang siap melayani masyarakat baik itu secara langsung di tempat kursus tersebut maupun kursus yang di buka secara online yang ada di media sosial. Akan tetapi ini semua masih ada saja di dapati kekurangan didalamnya. Diantaranya adalalah:
- Kurangnya pengawasan dan penegakan disiplin terhadap peserta didik yang tidak menggunakan bahasa yang di pelajarinya.
- Kurangnya kesadaran dari peserta didik akan pentingnya bahasa asing dizaman sekarang ini.
- Kurangnya percaya diri dari peserta didik.
- Lingkungan berbahasa yang kurang bersahabat.
- Kurangnya kemauan untuk mengembangkan potensi berbahasa asing yang dimilikinya.
Bahasa arab sebagai salah satu bahasa internasional, kini menjadi bahasa yang banyak diminati diseluruh penjuru dunia. Selain itu bahasa arab merupakan bahasa bahasa Al-Qur'an. Sebenarnya dalam mempelajari bahasa apapun itu kita haruslah mempersiapkan segala sesuatu itu secara matang agar hasil yang di dapatnya juga akan maksimal.
Dalam mempelajari bahasa arab pengaruh lingkungan amatlah sangat berpengaruh sekali. Hal ini sangat menunjang kesuksesan peserta didik dalam mempelajari bahasa arab.
Sebenarnya dalam menumbuhkah semangat belajar bahasa arab pendidik hanya menciptakan lingkungan bahasa arab yang baik agar peserta didiknya lebih tertarik untuk mempelajari bahkan memperdalam kemampuan mereka dalam berbahasa arab.
Dalam hal ini pondok pesantren merupakan sarana yang sangat mendukung sekali dalam mensukseskan peserta didik yang ingin mahir berbahasa arab. Pengaruh lingkungan yang ramah serta kehidupan erat dengan disiplin bahasanya, pada akhirnya kelak peserta didik akan menjadi pribadi yang mahir dalam berbahasa arab.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H