Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Sidik

Digital Marketing Enthusiast

6 Tips Sukses Membuat Event Exhibition

Diperbarui: 19 Juli 2024   17:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Java Tea Experience oleh Vecha Event (Dokumentasi Pribadi)

Pameran atau event exhibition saat ini menjadi salah satu strategi marketing paling efektif untuk mempromosikan produk maupun karya kepada khalayak. Melalui pameran, perusahaan dan organisasi dapat memperkenalkan produk seraya berinteraksi langsung dengan calon pelanggan, serta membangun hubungan bisnis yang lebih erat. 

Tujuan diadakannya pameran ialah untuk meningkatkan visibilitas dan kesadaran khalayak akan produk atau jasa yang ditawarkan. Event exhibition juga dapat membantu memperluas jaringan dengan mitra bisnis potensial. Selain itu, pameran juga dapat menjadi sumber informasi pengunjung mengenai perkembangan industri dan teknologi terkini.

Hingga saat ini, banyak perusahaan dan organisasi berlomba-lomba untuk menyelenggarakan event exhibition demi meningkatkan keuntungan bisnis. Namun, menggelar pameran memerlukan strategi kreatif yang tepat dan perencanaan yang matang. Untuk itu, berikut tips agar pameran Anda berjalan lancar dan mencapai tujuan.

1. Perencanaan Sempurna

Anda dapat memulai dengan menentukan tujuan pameran, menyusun anggaran, memilih lokasi strategis, dan menetapkan tanggal yang tepat. Selain itu, siapkan petugas yang akan mewakili untuk mempromosikan produk atau karya secara ramah kepada pengunjung. Persiapan matang dapat membantu Anda menghindari masalah.

2. Desain Booth Menarik

Setelah perencanaan selesai, booth pameran Anda perlu didesain unik dan mencolok sehingga dapat mengundang khalayak untuk berkunjung. Booth dapat dikreasikan dengan memadu padankan warna dan menambahkan maskot yang mencerminkan karakter perusahaan atau organisasi.

3. Konten Acara Kreatif

Selain tampilan booth yang unik, tentukan konten acara yang dapat menarik pengunjung untuk datang ke booth Anda. Gunakan teknologi seperti demo interaktif berupa games yang berkaitan dengan produk atau karya pameran. Siapkan hadiah sebagai iming-iming dan apresiasi kepada pengunjung.

4. Kerja Sama dengan Vendor

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline