Lihat ke Halaman Asli

Dampak Perkembangan Teknologi terhadap Bisnis dan Kehidupan Sosial

Diperbarui: 18 Juli 2021   00:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi saat ini berjalan begitu pesat, secara tidak sadar mungkin setiap harinya teknologi berkembang. Di masa sekarang, teknologi begitu sangat penting bagi manusia, hingga bisa dibilang kehidupan manusia saat ini tidak bisa lepas dengan teknologi. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat hampir semua pekerjaan manusia menjadi mudah karena hampir semua pekerjaan manusia dibantu oleh teknologi. Semakin hari, teknologi semakin bervariasi, semakin inovatif, semakin dapat membantu pekerjaan manusia. Perkembangan teknologi ini begitu banyak membawa dampak positif, namun teknologi juga mempunyai dampak negatif. Kali ini, saya ingin membahas tentang dampak perkembangan teknologi terhadap bisnis dan kehidupan sosial. Namun, sebelum itu mari kita simak sedikit pengertian tentang teknologi, seperti berikut ini.

Teknologi berasal dari bahasa yunani, yaitu Techno yang memiliki arti 'keahlian' dan Logia yang memiliki arti 'Pengetahuan'. Menurut KBBI, teknologi memiliki arti: (1) metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; (2) keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara singkatnya teknologi merupakan alat, cara, proses, atau kegiatan yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam kehidupan sehari hari.

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, mungkin bisnis merupakan salah satu cara untuk mempertahankan ekonomi, dimana ekonomi merupakan hal yang sangat terasa berdampak. Dahulu, berbisnis dirasa cukup sulit, karena belum adanya perkembangan teknologi. Sekarang dengan perkembangan teknologi yang ada dan akan terus berkembang, dunia bisnis menjadi salah satu bidang yang diuntungkan, karena bisnis di masa sekarang dapat dilakukan dengan mudah oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Perkembangan teknologi yang pesat, terutama pada bidang komunikasi, dapat memudahkan para pelaku bisnis untuk membangun bisnisnya, media sosial menjadi sasaran utama promosi para pelaku bisnis untuk mendapatkan omset yang besar. Banyaknya pengguna media sosial dapat dengan mudah menyebarkan informasi produk yang ingin dipromosikan. Selain itu banyak sekali aplikasi e-commerce yang dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Di e-commerce, customer juga dapat menjual produknya atau dapat membuat tokonya sendiri. Dengan begitu, kegiatan ekonomi akan terus bergerak.

Berikut merupakan dampak perkembangan teknologi terhadap bisnis:

  • Mempercepat proses produksi dan distribusi
  • Pertukaran dan penyampaian informasi menjadi lebih mudah dan cepat
  • Mempermudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kompetitor, selera konsumen, dan target pasar
  • Mempermudah untuk memperluas bisnis
  • Memudahkan dalam hal promosi
  • Mempermudah bertransaksi karena adanya digital payment

Namun, perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatifnya, yaitu:

  • Kemajuan teknologi akan membuat perusahaan lebih menggunakan teknologi dibandingkan Sumber Daya Manusia
  • Kemajuan teknologi akan membuat perusahaan lebih mengutamakan pekerjaan pada core business. Sehingga aktifitas lainnya cenderung menggunakan karyawan sistem kontrak atau paruh waktu
  • Kemajuan teknologi dapat dengan mudah dimanfaatkan untuk penipuan terkait jual beli barang secara online
  • Semakin sulitnya komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, karena sudah banyak perusahaan yang memusatkan komunikasinya dengan pelanggan pada contact center atau media sosial perusahaan tersebut.

Hubungan antara kehidupan sosial dengan teknologi juga saling berkaitan. Dengan adanya perkembangan teknologi, gaya kehidupan sosial juga ikut berubah. Lagi-lagi perkembangan teknologi dalam bidang komunikasi yang memberikan dampak, kali ini terhadap kehidupan sosial. Media sosial menjadi salah satu pembawa perubahan kehidupan sosial. Lalu kehidupan sosial apa saja yang berdampak dari perkembangan teknologi? Berikut penjelaasannya yang dikutip dari situs kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud):

  • Cara berkomunikasi

Pada masa sekarang, masyarakat terbiasa menjalin komunikasi melalui e-mail, whatsapp, dan media sosial lainnya. Dampak positif yang didapatkan adalah masyarakat dapat dengan mudah untuk berkomunikasi tanpa batas, ruang, dan waktu. Namun juga memiliki dampak negatifnya, yaitu masyarakat menjadi jarang berkomunikasi secara bertatap muka.

  • Cara berpakaian

Mudahnya berkomunikasi, membuat masyarakat dengan mudah mengetahui kebudayaan lain, salah satunya adalah cara berpakaian. Saat ini, dapat ditemui dengan mudah cara berpakaian yang lebih modern dan menjangkau berbagai kalangan, terutama anak muda. Namun, cara berpakaian ini juga harus disesuaikan dengan cara berpakaian di Indonesia. Tidak semua cara berpakaian dapat diterapkan, misalnya memakai bikini saat di pantai dipandang belum sesuai dengan budaya Indonesia.

  • Gaya hidup

Media sosial memudahkan orang untuk mendapatkan segala informasi, yang tanpa disadari dapat mengubah gaya hidup seseorang. Contoh perubahan gaya hidup yang positif adalah rajin olahraga, menjaga pola makan, dan yang lainnya. Namun, perubahan gaya hidup ini bisa mengarah ke yang negatif, contohnya adalah penggunaan narkoba, pergaulan bebas, dan yang lainnya.

  • Gaya berbahasa

Mudahnya berkomunikasi juga dapat mengubah gaya berbahasa, salah satu yang semakin terkihat adalah penggunaan bahasa asing. Dengan begitu bahasa daerah mulai jarang digunakan. Namun, tidak ada masalah apabila bisa menjaga kelestarian bahasa daerah dan bahasa Indonesia, dengan menggunakannya secara bergantian kepada orang yang tepat.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

References:




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline