Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Best Practice Menggunakan Metode Star PPG Daljab Kemenag 2022 Unisma

Diperbarui: 1 November 2022   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lokasi : MA Al Wathoniyyah Kota Semarang
Lingkup Pendidikan : MA Kelas X / Semester Gasal
Tujuan yang ingin dicapai :

Aksi 1 : Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbicara/memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dengan metode Role Play.
Aksi 2 : Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca teks deskriptif tentang tempat pariwisata/bangunan bersejarah dengan metode Window Shopping.


Penulis : Ahmad Nur Ahsan, S.Pd
Tanggal Aksi 1 : 3 Oktober 2022
Tanggal Aksi 2 : 19 Oktober 2022

Situasi : Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Aksi 1
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah rendahnya kemampuan peserta didik untuk berbicara dalam memperkenalkan diri dan orang lain dikarenakan guru kurang memaksimalkan pemanfaatan model dan metode pembelajaran inovatif yang dapat menarik minat belajar peserta didik.


Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena guru yakin bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media TPACK dan metode Role Play dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbicara/memperkenalkan diri dan orang lain pada materi Introduction.


Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media TPACK dan metode Role Play mampu meningkatkan minat belajar bahasa inggris peserta didik.


Dalam praktik pembelajaran ini, guru memiliki peran sebagai fasilitator. Guru memfasilitasi dan memberikan bimbingan kepada peserta didik terkait dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berbicara/memperkenalkan diri sendiri dan orang lain pada materi Introduction.


Guru bertanggungjawab mempersiapkan RPP, bahan dan media ajar, LKPD, lembar evaluasi, serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang telah dibuat.

Aksi 2
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca sebuah teks deskriptif dikarenakan guru kurang memaksimalkan pemanfaatan model dan metode pembelajaran inovatif yang dapat menarik minat belajar peserta didik serta motivasi belajar peserta didik yang rendah.


Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan karena guru yakin bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media TPACK dan metode Window Shopping dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca teks deskriptif pada materi Descriptive text.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline