Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Nur Adi

IAIN PALANGKA RAYA

Tingkat Permintaan yang Tinggi Sehingga Membuat Harga Tidak Stabil

Diperbarui: 7 Juli 2023   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Mengenai permintaan, permintaan dapar didefinisikan sebagai keinginan seseorang atau konsumen akan berbagai barang tertentu yang mereka perlukan atau inginkan. Dalam ilmu ekonomi secara umum, pengertian permintaan adalah sebuah keinginan seseorang atau yang disebut sebagai konsumen terhadap berbagai barang tertentu yang diperlukan maupun diinginkannya. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengenai permintaan yang dapat didefinisikan sebagai keinginan seseorang atau konsumen akan berbagai barang tertentu yang mereka perlukan atau inginkan. Namun, pada praktiknya pengertian permintaan tersebut menunjukkan bahwa adanya permintaan akan sejumlah barang maupun jasa akan diikuti pula dengan kemampuan untuk membeli barang tersebut atau yang dapat disebut dengan purchasing power. 

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia tumbuh tinggi pada triwulan II 2022, di tengah risiko pelemahan ekonomi global dan tekanan inflasi yang meningkat. 

Perkembangan tersebut tercermin pada pertumbuhan ekonomi triwulan II 2022 yang mencapai 5,44% (yoy), jauh di atas capaian triwulan sebelumnya 5,01% (yoy). Akselerasi kinerja ekonomi ditopang oleh permintaan domestik yang terus meningkat, terutama konsumsi rumah tangga, dan kinerja ekspor yang tetap tinggi. Perbaikan ekonomi nasional juga tercermin pada peningkatan pertumbuhan mayoritas lapangan usaha dan di seluruh wilayah.

Fakta bahwa permintaan yang tinggi dapat beberapa faktor yang mempengaruhi tersebut diantaranya adalah harga barang/jasa itu sendiri, harga barang lain, pendapatan masyarakat, distribusi pendapatan, cita rasa masyarakat, dan ramalan mengenai keadaan dimasa yang akan datang. pengaruh dari faktor-faktor lain tersebut kemudian dianalisis dengan mengasumsikan bahwa harga tidak berubah, misalnya bagaimana perubahan pendapatan masyarakat akan merubah (menambah/mengurangi) permintaan atas suatu barang. ada 3 jenis permintaan yaitu anara lain adalah yang pertama permintaan absolut, permintaan potensial, permintaan efektif.

Dampak dari permintaan yang tinggi dapat berdampak ke negatif maupun positif. dampak dari positifnya peredaran atau perputaran suatu barang semakin cepat, produksi barang lebih banyak dan mendapatkan keuntungan yang besar bagi pengusaha, kesempatan kerja akan bertambah dengan adanya tambahan investasi , dan pendapatan nominal bertambah pesat. dan untuk dampak negatifnya diantara lain seperti harga barang dan jasa pun ikut naik, nilai dan kepercayaan terhadap uang akan semakin berkurang, dan dapat menyebabkan efek seperti melakukan penimbunan barang dan membeli valuta asing, banyaknya proyek pembangunan yang terlantar dan kesadaran menabung masyarakat berkurang.

Pendapat Para Ahli mengenai permintaan suatu barang (Inflasi)

Pendapat Gilarso (2007) : Dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (Demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut. permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama.

Pendapat Sadono Sukirno (2005) : Teori permintaan adalah teori yang menerangkan tentang ciri-ciri hubungan antara jumlah permintaan dan harga. berdasarkan ciri hubungan antara permintaan dan harga dapat dibuat grafik kurva permintaan.

Lalu ada pun pendapat dari Adiwarman A.Karim (2007) : permintaan barang yaitu bahwa faktor harga dari komoditas merupakan variable dependen yang akan menentukan beberapa jumlah komoditas yang bersangkutan diminta oleh konsumen.

Menurut Saya permintaan tinggi itu ada manfaatnya entah dari hal positif  maupun negatif, tetapi Saya mengambil hal positifnya seperti pada halnya keuntungan yang didapat dari permintaan itu tersebut, Namun tidak berarti mengharapkan seperti keseimbangan antara permintaan dan penawaran sehingga tidak terjadinya inflasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline