Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Mujiyarto

sedang belajar

Mass Media: Mengejar Untung Besar dari Hak Siar

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Sudah bukan hal yang tabu untuk kita perhatikan,di antara mass media ada yang sering memperebutkan hak siar entah itu pertandingan sepak bola,moto gp,sea games,dan acara-acara yang lain.Mereka berebut untuk bisa mendapatkan tekken kontrak,terhadap media penyiaran yang melangsungkan acara tersebut.

Dari TV kabel,sampai TV nirkabel(berbayar),menerapkan sebuah cara tepat untuk mendapatkan penggemar dan penonton yang sebanyak-banyaknya.Hal ini yang terkadang menjadi sebuah persaingan yang tidak sehat antar sesama mass media,tentu hanya mass media yang punya modal besarlah yang bisa merajai dan mengibarkan sayapnya,di dunia informasi dan komunikasi yang semakin tak terbendung ini.

Mass media saat ini,cenderung hanya berorientasi pada untung besar,dari pada upaya untuk mencerdaskan masyarakat terhadap informasi yang bertanggung jawab.

Ketika gossip selebritis menjadi trend misalnya,maka hampir dipastikan semua mass media ikut-ikutan juga metengahkan gossip selebritis agar tak disebut sebagai media yang kuno,dan ketinggalan zaman,meski untuk mendapatkan beritanya harus dengan berbagai macam cara.

Sekiranya di zaman ini,sudah langka rasanya kita menemukan mass media yang orientasinya bukan lagi untung finansial dan mengayakan diri,ketimbang upaya mengetengahkan informasi yang mendidik dan bertanggung jawab.

Tapi inilah dunia bisnis,semuanya bisa berjalan dengan sesuka hatinya,apalagi model ekonomi negeri kita sudah terjangkit ekonomi liberal,tentu tak ada kata lain,selain mengikuti cara mainnya.

Sedang kita hanya menjadi pecandu,dan penonton saja...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline