Lihat ke Halaman Asli

ketika Aku Bilang Cinta Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nasionalisme...apakah masih ada...?Dan ketika masih ada kenapa harus ribut akan perbedaan, dan jika masih ada kenapa mesti ribut akan kekuasaan. Dan seharusnya memang ada ketika mobil nasional di kumandangkan, seharusnya memang ada ketika anak bangsa merakit mobil listrik, seharusnya ada ketika anak bangsa mencipta listrik ramah lingkungan.

Aku bingung ketika bersuara aku cinta Indonesia...?????Dan jika memang kalau cinta pasti semangat nasionalisme berkembang, dan jika cinta pasti akan berkorban, dan jika cinta pasti akan berjuang.

Apakah aku salah jika bilang cinta Indonesia...?Ketika budaya sudah terabaikan, ketika negara tidak lagi menghargai karya anak bangsa, ketika warga negara mengais rejeki di negeri orang, ketika birokrasi sudah dipermainkan, ketika kuasa diperebutkan sekaligus disalahgunakan.

Apakah generasi penerus bangsa masih menyimpan rasa cinta kepada tanah airnya...?Apakah nasionalisme pemuda Indonesia masih sama ketika sumpah pemuda dikumandangkan...?Aku tak tahu jawabannya...tapi yang pasti upacara hanya sekedar seremonial, lagu kebangsaan mulai dilupakan, isi pancasila pun hanya sekedar di ucapkan. Karena mereka telah termakan oleh laju perkembangan jaman. Mereka lupa akan budaya, terlena oleh kemajuan jaman, tapi mereka seolah malu dengan pekerjaan yang memuliakan banyak orang. Apakah pekerjaan yang memuliakan banyak orang...pekerjaan itu adalah petani, nelayan, peternak yang semuanya itu mulai ditinggalkan oleh generasi muda di Indonesia. Banyak sarjana muda kita yang memilih untuk bekerja kantoran saja...karena gengsi dengan gelar sarjananya. Padahal Indonesia adalah negara agraris maritim, yang di unggulkan seharusnya dari pertanian, peternakan, perkebunan, dan hasil laut.

Dan ketika aku masih bilang aku cinta Indonesia....?Apakah masih relevan...?????????




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline