Lihat ke Halaman Asli

Santri dan Rekayasa Masa Depan

Diperbarui: 2 November 2022   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bagian pertama ini kita akan mengupas siapa santri itu sebenarnya,apa misi yang diembannya, lalu tantangan apa yang akan dihadapkanya, serta bagimana cara merancang masa depan yang menjanjikan bagi santri?

Pengenalan terhadap santri walaupun sudah sangat terkenal dimaksudkan agar ada pengembangan makna tetapi membatasi sebuah objek. Begitu juga penguraian tentang misi yang diembannya bahwa tujuan utama adalah da'wah ilallah." Sedangkan peta analisa tentang tantangan berguna untuk kehati-hatian menggelorakan semngat,dan merumuskan langkah strategis. Penunjukan rumus rekayasa masa depan hanya satu diantara sekian banyak cara yang dapat menjadi alternatif.

Da'wah adalah misi utama santri 

Atau komunitas penyelam ilmu beraama  (taffaqu fiddin) adalah penerus risallah para nabi mengajak manusia kembali pada jalan yang sesuai dengan tuntutan Al Qur'an,sebegai sumber dari segala kebenaran.untuk menciptakan sebuah perdamaian, keadilan, kebenaran, sebegaiamana doa nabi Saw. Ya Allah engkau maha damai,darimu kedamaian dan kepadamu kedamaian itu kembali.

Karna itu hidupkanlah kami dalam kedamaian wahai Tuhan kami.terlihat bahwa kedamaian itu memang datangnya dari Tuhan, sementara kebenaran dan keadilan adalah persyarat terwujudnyanya kedamaian.

Intin dari keinginan manusia dalam hidupnya adalah terwujudnya kedamaian. Itulah Tugas dakwah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline