Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Media Pembelajaran berbantuan Adobe After Effect berbasis Realistic Mathematic Education di SD N 060842 Medan Petisah

Diperbarui: 27 Desember 2023   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengembangan teknologi di bidang pendidikan telah memberikan dampak yang besar terhadap proses interaksi antara siswa dan guru. Paradigma yang berpusat pada guru saat ini tidak lagi efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena dianggap ketinggalan zaman (Apriansyah, MR, Sambowo, KA, Maulana 2020). Saat ini perkembangan teknologi di aspek pendidikan ini masih sering terdapat permasalahan yaitu belum maksimalnya dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan harus dipandang sebagai salah satu cara untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan (Mulyani, dkk., 2018).

Dengan perkembangan zaman, kurikulum pendidikan juga mengikuti perkembangan zaman dan senantiasa menyempurnakan kurikulum. Salah satunya dengan mengubah kurikulum karena kurikulum yang diberlakukan sekarang yaitu kurikulum 2013. Setiap pembaharuan kurikulum pembelajaran yang dilakukan merupakan realisasi dari tujuan kurikulum (Ermon 2021). Dalam pembelajaran tematik lebih ditekankan pada inovasi pendidikan, dan fokus pembelajarannya adalah aktivitas siswa pada saat kegiatan belajar (Reinita 2020).

Implementasi pemakaian media pembelajaran yang baik merupakan salah satu rekomendasi penting untuk mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif (Daryanti, Desyandri, and Fitria, 2019). Menurut pengamatan yang dilakukan penulis di Sekolah Dasar Negeri  060842 Medan Petisah, Pemanfaatan inovasi teknologi masih sangat sedikit dalam pembelajaran, dimana produksi media berbasis video animasi belum banyak dilakukan. Guru hanya mendownload video dari youtube, dengan cara mendownload video kemudian mengirimkannya melalui grup whatsapp, kecuali untuk video youtube guru hanya mengirimkan pesan suara dan mengirimkan gambar di grup whatsapp.

Mempelajari video dari YouTube juga bisa sulit untuk dipahami. Demikian juga masalah yang ditemukan Negeri  060842 Medan Petisah dimana guru belum membuat media pembelajaran video animasi sendiri yang hanya bisa diunduh dari YouTube. Hal ini dikarenakan guru kurang memahami cara membuat video animasi pembelajaran dengan aplikasi yang ada, dan keterbatasan waktu untuk membuat video juga menjadi kendala.

Pemilihan media tentunya juga harus mempertimbangkan ketertarikan siswa agar tidak monoton dan tidak membosankan Ridzaniyanto (2019). Media pembelajaran yang bersifat audio visual akan memberikan gambaran yang nyata dalam penyampaian pesan-pesan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk digunakan pada proses pembelajaran tersebut adalah video. Kelebihan dari media video adalah dapat menampilkan unsur gambar dan suara secara bersamaan pada saat mengkomunikasikan pesan atau informasi yang dilengkapi dengan tema. Selain itu juga karena video dapat memfungsikan dua indera sekaligus yaitu telinga dan penglihatan (Wati, 2016)

Agar video tidak membosankan maka video butuh suatu pendukung yaitu animasi. Animasi adalah rangkaian gambar yang membentuk sebuah gerakan seperti karakter yang memiliki keunggulan dibanding media lain separti gambar statis atau teks. Selain itu, animasi dapat menarik perhatian peserta didik dan memperkuat motivasi karena berupa tulisan atau gambar yang bergerak-gerak (Anggriani, 2019). Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat animasi pada media pembelajaran adalah adobe after effect. Adobe after effect adalah aplikasi motion graphic yang dimana setiap pergerakan, desain objek, dan jenis efeknya dapat direaksikan sehingga tidak ada batasan dalam penganimasian objek (Akbar & Yuliawan, 2018). Selain itu, adobe after effect lebih mudah diaplikasikan dan hasilnya tidak kalah berkualitas dan bahkan mengungguli aplikasi lain (Hasan & Ahmad, 2017). Adobe after effect juga dilengkapi dengan banyak control kreatif dan bekerja lebih efesien dengan HD (Akbar & Kristia, 2018) Adobe after effect juga memiliki fitur-fitur yang dapat membuat animasi lebih menarik dengan mudah dan terkesan nyata (Saadah, 2018).

Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan di Sekolah Dasar Negeri  060842 Medan Petisah sebagian siswa menganggap pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit, karena didalam pembelajaran matematika banyak rumus dan perhitungan yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah dan juga matematika merupakan pelajaran yang membosankan karena dalam pelajaran matematika hanya menemukan angka, rumus, maupun grafik sehingga membuat siswa kurang berminat dan membosankan dalam pembelajaran matematika. Materi muatan Matematika Khususnya pada materi pecahan kurang mendalam, sejalan dengan dengan penelitian (Wangi, dkk 2021)  mengatakan bahwa materi muatan Matematika Khususnya pada materi pecahan kurang mendalam karena keterbatasan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan guru masih menggunakan bahan ajar sebagai alat media dalam proses pembelajaran berlangsung. Tidak dapat dipungkiri bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran akan berpengaruh pada minat belajar dan pemahaman konsep siswa.

Berdasarkan observasi tersebut, sebagian siswa terlihat memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan guru, sebagian lainnya terlihat kurang antusias selama proses pembelajaran berlangsung. Beberapa di antaranya berulang-ulang melihat jendela, menguap dan melihat jam dinding untuk segera melakukan istirahat. Ada juga yang siswa yang bercanda dan mengobrol dengan teman sebangkunya. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pelajaran matematika masih kurang. siswa cenderung menganggap matematika sebagai pelajaran yang membosankan. Mata pelajaran matematika memiliki banyak pokok bahasan salah satunya yaitu pecahan. Materi pecahan merupakan pembahasan yang sedang, meskipun sedang pada saat penyampaian materi kurang optimal dan kurang menguasai maka siswa juga akan merasa kesulitan. (Safinah & Nurfalah, 2021).

Oleh karena itu, media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti bertujuan untuk mempermudah siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu media yang cocok untuk membantu siswa dan guru memecahkan masalah yang ada di Sekolah Dasar Negeri  060842 Medan Petisah ini memberikan pelatihan bagi guru-guru terkait media pembelajaran Adobe After Effects. Pembelajaran yang berkualitas dapat dicapai oleh guru yang memiliki ragam teknik belajar dan mengajar yang baik serta difasilitasi oleh lingkungan belajar yang mendukung (Hutapea, 2019; Nurhadi & Alfitry, 2020; Yuliana, 2019)

Pelatihan Adobe After Effects menjadi suatu kebutuhan esensial bagi para guru, desainer grafis, editor video, dan profesional kreatif lainnya yang ingin memperdalam pemahaman dan keterampilan mereka dalam menggunakan perangkat lunak ini. Pelatihan ini akan membantu guru untuk menguasai berbagai fitur dan teknik yang diperlukan untuk menciptakan efek visual yang profesional dalam pembelajaran di kelas.

Dalam pelatihan ini, guru akan diajarkan dasar-dasar After Effects, termasuk antarmuka pengguna, penggunaan alur kerja, dan konsep dasar animasi. Guru-guru juga akan mempelajari teknik-teknik lanjutan seperti compositing, tracking, dan penggunaan efek khusus. Pelatihan ini didesain agar peserta (guru) dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam proyek-proyek praktis dan meningkatkan keterampilan belajar mengajar mereka secara signifikan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline