Lihat ke Halaman Asli

Peserta KSM UNISMA Lakukan Serangkaian Kegiatan di Agrowisata Edukasi Sayur Desa Winong Kabupaten Tulungagung

Diperbarui: 9 Agustus 2021   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi KSM Desa Winong

Peserta KSM (Kandidat Sarjana Mengabdi) Universitas Islam Malang Kelompok 42, 87, 94, 99, 104, 118, 119 melakukan serangkaian kegiatan bersama masyarakat sekitar di Desa Winong Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung pada hari Minggu 08/08/2021. Kegiatan ini diawali dengan senam pagi bersama masyarakat Desa Winong, yang bertujuan agar imun dan tubuh tetap terjaga dengan baik, dikarenakan saat kondisi pandemi dua hal tersebut sangat penting untuk dijaga. Kegiatan senam pagi dilaksanakan sekitar 15 sampai 20 menit.

Dokumentasi Kegiatan Senam Pagi/dokpri

Selanjutnya, para peserta KSM UNISMA melakukan gotong royong membersihkan salah satu destinasi wisata yang menjadi ikon Desa Winong, yaitu Agrowisata Edukasi Sayur Winong Asri. Agrowisata Edukasi Sayur Winong Asri merupakan salah satu ikon yang sangat penting bagi masyarakat Desa Winong, namun dikarenakan kondisi pandemi COVID-19 dan peraturan pemerintah mengenai pembatasan mobilitas maupun sosial membuat wisata edukasi ini terpaksa ditutup, sehingga membuat tempat ini sedikit kurang terawat.

Untuk itu peserta KSM UNISMA berintegrasi bersama masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan gotong royong membersihkan wisata tersebut sekaligus menjalin silaturahmi antar sesama. Kegiatan gotong royong ini merupakan bukti nyata dan kontribusi para peserta KSM UNISMA untuk membangun Desa Winong menjadi lebih baik dan semakin maju.

Dokumentasi Kegiatan Gotong Royong/dokpri

Setelah melakukan kegiatan gotong royong, peserta KSM UNISMA melakukan penanam bibit dan penataan kembali tata letak sayur-sayuran yang kurang layak, hal ini bertujuan agar nantinya para wisatawan yang datang ke agrowisata merasa senang dengan tampilan dan pemandangan yang ada di agrowisata edukasi sayur winong asri. Penanaman bibit dilakukan menggunakan media rockwool dan tanah. Penggunaan rockwool sebagai media tanam dikarenakan mudah untuk didapatkan selain itu tidak membutuhkan lahan yang luas, sehingga sangat cocok sesuai dengan kondisi lahan yang tersedia di agrowisata edukasi sayur winong asri.

Dokumentasi Kegiatan Penanaman Bibit Sayur-Sayuran/dokpri

Adapun Kelompok KSM yang melakukan kegiatan tersebut terdiri dari: Kelompok 42 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Manajemen (Ahmad Khoiru Rozikin, M. Edi Sholeh, M. Syahrul Ansori), Kelompok 87 Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Biologi (Habibatul Ilma), Kelompok 94 Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis (Surya yasmina sofa), Kelompok 99 Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi (Mitha Miftahul Jannah), Kelompok 104 Fakultas Peternakan Program Studi Peternakan (Achmad Chabibuzzamzami), Kelompok 118 dan 119 Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil (Francyska Millenia Petrycia, Sabnar Akhmad Harits, Affan Widiansyah, Risma Salsabilla, Dina Ramanda Putri, Widia Ayu Lestari)

DPL : Nurhidayah, S.E.  M.M., CRA (DPL Kelompok 42) Dr. Sama' Iradat Tito, M. Si (DPL Kelompok 87), Dr.Ir.Sunawan ,MP (DPL Kelompok 94), Ir. Moch.Noerhadi Sudjoni, MP (DPL Kelompok 99), Ach. Bagus Adhiluhung (DPL Kelompok 104), dan Efendi S Wirateruna, ST., M.Ss (DPL Kelompok 118 dan 119).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline