Lihat ke Halaman Asli

AHMAD JUHAINI

Guru SMPN 1 SILO JEMBER

Meningkatkan Minat dan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran dengan Model PBL

Diperbarui: 2 Juli 2024   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyak guru yang mengalami permasalahan yang ditemui pada saat kegiatan  pembelajaran, tidak terkecuali penulis, berdasarkan kajian literature dan wawancara penulis adalah :

  • masih banyak peserta didik yang mempunyai minat dan motivasi belajar sangat rendah, ini tampak terlihat dari ketika pembelajaran bahasa Inggris akan di mulai.
  • Peserta didik menganggap pelajaran Bahasa Inggris sebagai pelajaran yang sulit dan tidak penting karena bukan bahasa harian.
  • Peserta didik pasif selama pembelajaran dikarenakan media/model pembelajaran yang kurang inovatif dan berpusat pada guru serta kurangnya kegiatan yang melibatkan atau mendorong keaktifan siswa.

Praktik baik ini penting untuk penulis bagikan, karena penulis yakin masih banyak guru yang mengalami permasalahan sama dengan yang penulis alami, sehingga praktik baik  ini selain bisa memotivasi diri penulis sendiri bisa juga digunakan sebagai referensi bagi rekan guru yang lain .

Penulis berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan peningkatan  proses pembelajaran dengan baik, yaitu menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif dan menarik sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai dan mampu meningkatkan minat  motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran  sehingga harapannya hasil belajar peserta didik meningkat.

Namun setiap guru pasti mendapatkan tantangan, Adapun tantangan yang saya hadapi untuk tercapainya tujuan pembelajaran antara lain:

Model pembelajaran selama ini yang belum sesuai dengan karakter dan kebutuhan murid.

Kurangnya Pemanfaatan Media Pembelajaran dengan maksimal.

Proses pembelajaran yang monoton membuat Kejenuhan peserta didik.

Peserta didik kelas VIII saat ini adalah peserta didik yang mayoritas tidak mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasarnya, di samping juga peserta didik masuk dalam masa covid 19.

Dilihat dari empat tantangan tersebut bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan dari sisi kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogic sedangkan dari sisi  peserta didik adalah minat dan motivasi belajar.

Setelah melihat tantangan yang penulis hadapi maka langkah penulis :

Berusaha mencari model/tehnik pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline