Lihat ke Halaman Asli

Ahmad IrpanHilmi

Mahasiswa STEI SEBI

Ekonomi Mikro dan Makro: Pengertian, Perbedaan, dan Persamaan

Diperbarui: 16 Mei 2022   08:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi Mikro Dan Makro :Pengertian, Perbedaan, Dan Persamaan 

  Oleh : Ahmad Irpan Hilmi Mahasiswa STEI SEBI


* Pengertian Ekonomi Mikro Dan Makro


Ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari tentang keputusan dari individu atau bisnis (perusahaan). Ekonomi mikro akan fokus pada aspek ekonomi pada tingkat individu atau perusahaan. Ekonomi mikro berkaitan pilihan-pilihan pada unit pengambilan keputusan individu. Oleh karenanya ekonomi mikro mempelajari su yang tidak akan jauh dari persoalan perilaku konsumen, teori perusahaan, biaya produksi, teori produksi dan lainnya.

Sedangkan ekonomi makro terkait keputusan dari negara atau pemerintah, ekonomi makro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kinerja struktur perilaku dan pengambilan keputusan ekonomi secara keseluruhan (agrerat). 

Ekonomi makro mencakup aspek agregat yang luas seperti masyarakat ( kumpulan seluruh orang-orang dalam suatu negara atau wilayah). Ekonomi makro memandang ekonomi secara keseluruhan ekonomi makro berkaitan dengan perekonomian secara agregat seperti inflasi, pendapatan atau luput national dan pengangguran.


* Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro


Ekonomi mikro mempelajari ilmu ekonomi dari tingkat individu, gruf atau tingkat perusahaan,oleh karenanya, ekonomi mikro fokus pada isu yang terkait dengan individu atau perusahaan. Sedangkan ekonomi makro mempelajari ekonomi pada tingkat nasional secara keseluruhan. Ekonomi mikro dan makro mempunyai beberapa perbedaan dalam fokus isu yang dibahas.


* Persamaan Ekonomi Mikro Dan Makro


Dalam ilmu ekonomi, memang cabang utamanya dibedakan menjadi ekonomi mikro dan makro. Perbedaan ekonomi mikro dan makro pada intinya, bawa ekonomi mikro akan mengkaji ekonomi pada tingkat individu manusia atau individu perusahaan. Sebaliknya, ekonomi makro membahas ekonomi dari sisi agregat atau nasional meskipun terdapat perbedaan dalam berapa bagian ekonomi mikro dan ekonomi makro dapat berjalan beriringan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline