Lihat ke Halaman Asli

Tips Diet yang Sehat bagi Remaja

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Keluhan masalah berat badan yang kerap dialamai remaja ternyata diakibatkan oleh kurangnya kontrol terhadap makanan yang masuk kedalam tubuh.Kasus berat badan yang berlebihan atau (obesitas) juga banyak ditemukan pada usia-usia muda seperti masa remeja.

Problem kegemukan yang menimpa para remaja akan membuat mereka memiliki kelebihan berat badan yang berujung pada ketidak susaian dengan tinggi badan yang seharusnya proportional.Tidak hanya berakibat buruk pada fisik,tentunya berpengaruh juga pada kesehatan psikis remeja.

Oleh sebab itu harus dilakukan diet sehat bagi remaja sebagai bentuk solusi untuk permasalah tersebut.Karena minimnya pengetahuan yang dimiliki remaja membuat mereka terkadang menjalani program penurunan berat badan yang tidak sehat.Disitulah peran keluarga sangat penting untuk memberikan arahan agar remaja bisa mejalankan prodram diet yang sehat.

Peran orang tua menuntun anak remajanya akan menghindari mereka dari pengaruh buruk, Contoh diet tidak sehat seperti bulimia, anoreksia, atau binge eating. umumnya hal semacam ini dipengaruhi oleh faktor emosional diri anak dalam membuat keputusan untuk penurunan berat badan.

Cara diet cepat yang umumnya dilakukan oleh dewasa tidak boleh dilakukan oleh remaja.Karena pada masa remaja bentuk tubuh masih sangat bisa dikendalikan ketimbang orang dewasa yang kemungkinan sangat sulit untuk diet. Orang tua menstinya mengajari remaja perihal menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan sehat sesuai yang dibutuhkan.

Sebenarnya untuk meraih bentuk tubuh yang ideal pada remaja menrupakan kecintaan terhadap tubuh.Jadi yang harus harus ditanamkan adalah cara2 diet yang tidak terlalu berlebihan tang malah menyebabkan badan tersakiti dan tidak bagus untuk kemudian hari.

Gunakan langkan edukasi terlebih dahulu akan pentingnya menjaga pola makan sehat untuk mendapatkan bentuk tubuh normal. Jadi remaja tidak akan pernah mengalami obesitas, karena sejatinya kesalahan pola makan remaja masih bergantung pada peranan orang tua dalam mengarahkan perihal makanan yang diberikan.

Cara diet sehat bagi remaja tidak lah menjalani diet ketat yang cenderung akan menyebabkan memiliki kekhawatiran berlebih terhadap makanan dan berat badan hingga akhirnya mengalami gangguan makan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline