Salam belajar Sepanjang hayat
Segala bagi Allah SWT dan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi cerita dan pengalaman tentang praktik PPL yang telah saya lakukan pada PPG dalam jabatan tahun 2023. PPG yang saya jalani sudah menapak pada tahap Praktek Pengalaman Lapangan. Ditahap ini saya sudah menyelesaikan Aksi 1 dan 2 dengan semaksimal mungkin beserta seluruh refleksi berkat bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan dan Guru Pamong yang selalu memberikan arahan dan masukan untuk setiap kegiatan.
Rangkaian kegiatan PPL ini saya lakukan di tempat asal saya mengajar yaitu SDN 21 Banyuasin I di Jalan Jupri Akip desa Sungai Rebo Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.
Di PPL ini yang saya ambil sebagai cerita praktek baik yaitu PPL pada Aksi ke 2 dimana saya melakukan pembelajaran di Kelas 2 dengan tujuan Meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 pada materi Penjumlahan Bilangan Ratusan dengan menggunakan kantong penjumlahan melalui model Problem Based learning pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024.
Situasi
Adapun latar belakang masalah dari Praktik pembelajaran ini adalah:
1. Rendahnya pemahaman peserta didik materi penjumlahan bilangan ratusan
2. Peserta didik lupa dengan konsep penjumlahan bilangan ratusan
3. Pembelajaran matematika yang dilakukan di kelas selama ini hanya pada pemberian rumus
4. Guru belum menerapkan pembelajaran yang bermakna pada peserta didik
5. Pembelajaran di kelas juga jarang menggunakan media dan teknologi seperti media video dan penggunaan power point.