Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Fikrulloh

blogger yang nurut

10 Teknik Merawat Handphone Supaya Lebih Tahan Lama

Diperbarui: 13 November 2021   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Saat ini nyaris tiap orang tentu memakai dan memiliki handphone untuk alat mendukung keringanan dalam beragam kegiatan. Tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita, perkembangan tehnologi ini sudah jadi tren serta telah seperti keperluan primer. Pemakaian handphone bukan hanya untuk aktif bersosial media, tapi dapat semakin luas untuk terhubung info dan salurkannya kembali ke ranah yang bertambah luas.

Keterikatan pada handphone membuat kita jadi benar-benar dekat dengannya dan nyaris tidak dapat melepasnya terkecuali saat kita tertidur. Dan karena keterikatan yang paling berikut, kadang kita abai dengan keadaan handphone yang kita pakai setiap hari tanpa memerhatikan jika gagdet kita ini perlu treatment dan tindakan khusus agar bekerja optimal dan mempermudah kita dalam beragam hal.

10 Teknik Merawat Handphone Supaya Lebih Tahan Lama

Berikut ialah 10 teknik untuk merawat handphone kita supaya lebih tahan lama dan terus temani kegiatan kita setiap hari.

1. Isi Battery Sesudah Habis Keseluruhan

Supaya tahan lama, jangan dibiarkan battery handphone habis keseluruhan, tetapi isi ulangi ketika ada pada tingkat 10-20%. Proses isi ulangi yang diawali dari 0% akan memerlukan waktu semakin lama. Disamping itu battery yang didiamkan habis keseluruhan beresiko kekurangan daya bisa lebih cepat karena aus. Dan tidak boleh seringkali isi ulangi battery melalui netbook!

2. Tidak boleh Kerap Dicas Sepanjang malam

Rerata handphone dan handphone yang lain sudah diberi tehnologi hebat yang hendak membuat saluran listrik stop saat battery penuh. Tetapi tidak berarti ini 100% aman untuk battery. Akan lebih bagus bila kamu cabut battery saat tanda pengisian sudah capai 90%, tidak harus menanti 100%.

3. Tidak boleh Pakai Pengisi daya yang Bukan Bawaan

Di pasar, beredar banyak adapter pengisi daya yang diberi kekuatan fast pengisian. Tetapi harus dipahami isi ulangi battery dengan pengisi daya palsu ataulah bukan bawaan itu beresiko. Yakinkan untuk cuman memakai pengisi daya yang bukan bawaan bila pada kondisi genting saja.

4. Tidak boleh Isi Ulangi Sekalian Masih tetap Dipasang Cas Tambahan

Case tambahan seperti hardcase, softcase, atau bumper akan membuat handphone jadi nyaman dan aman dipakai. Tetapi pemakaian case tambahan saat proses isi ulangi battery malah akan membuat handphone cepat hancur karena saluran panas di atas jadi terhambat. Seharusnya cabut case apa saja dari handphone saat diisi ulangi.

5. Tidak boleh Terlampau Kerap Mengecas Battery Netbook

Lumrah bila netbook kamu terus menerus dicas karena takut kekurangan battery saat menulis pekerjaan kantor atau universitas. Tetapi supaya netbookmu tahan lama, seharusnya diamkan battery netbook kosong 0% tiap tiga bulan sekali untuk jaga ketepatan status baterai bar.

6. Jauhi Memangku Netbook Saat Dipakai

Melihat film di netbook sekalian bertumpu di kasur memang hebat dan nyaman bila memangku netbook atau menyimpan di atas bantal. Tetapi ini akan membuat perputaran panas terusik, hingga memacu overheat. Oleh karena itu seharusnya taruh netbook saat dipakai pada tempat datar (meja) atau di atas alat khusus yang diperlengkapi kipas pendingin.

7. Tidak boleh Pakai Netbook Saat Hujan Badai

Saat hujan badai dibarengi petir, seharusnya kamu tidak memakai handphone pada kondisi tersambung dengan sumber listrik. Ini benar-benar dianjurkan supaya saluran listrik yang dipengaruhi petir tidak turun naik sepanjang proses pengisian ulangi.

8. Tidak boleh Asal-asalan Simpan Handphone di Tas

Entahlah karena takut mandul oleh radiasi handphone di kantong celana atau sebab menganggap ringkas dan aman, kamu tentu lebih sukai simpan handphone dalam tas. Tetapi bila ingin tahan lama, seharusnya taruh handphone dalam tas cuman bila diperlengkapi case perlindungan monitor supaya tidak tergesek berisi tas kamu.

9. Rajin Bersihkan Netbook

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline