Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Pertolongan Pertama Kejang pada Anak oleh Mahasiswa KKN Universitas Andalas

Diperbarui: 6 September 2023   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi: kknpanyalaianxkoto

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlokasi di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar melakukan kegiatan sosialisasi pertolongan pertama kejang pada anak yang dilaksanakan pada Minggu, 16 Juli 2023 dan Kamis, 10 Agustus 2023. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada dua tempat di Nagari Panyalaian yaitu di kantor jorong bintungan dan di jorong pincuran tinggi. Kegiatan sosialisasi ini berfokus pada masyarakat khususnya orangtua yang memiliki anak di rumah. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman serta menambah pengetahuan orangtua agar dapat mengatasi situasi darurat saat anak mengalami kejang dengan langkah yang tepat. 

Kejang pada anak merupakan salah satu kondisi yang dapat membahayakan apabila tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, pelaksanaan sosialisasi pertolongan pertama kejang pada anak ini sangat penting untuk dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya orangtua di Nagari Panyalaian.

Dokumen: kknpanyalaianxkoto

Minggu (16/07), Mahasiswa KKN PPM-UNAND di Nagari Panyalaian melakukan kegiatan sosialisasi pertolongan pertama kejang pada anak yang dilaksanakan di Kantor Jorong Bintungan. Sosialisasi ini bertepatan dengan diadakannya posyandu balita dan lansia di jorong tersebut, sehingga dihadiri oleh para orangtua, balita, dan lansia. 

Kegiatan ini disambut hangat oleh para ibu-ibu yang hadir sehingga sosialisasi berjalan dengan lancar. Sosialisasi ini menjelaskan mengenai apa itu kejang, jenis-jenis dari kejang, hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat anak mengalami kejang. Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan saat anak mengalami serangan kejang, sehingga dapat mengurangi risiko bahaya pada anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline