Seringkali kita dengar tentang kata-kata atau kegiatan yang disebut Evaluasi. Evaluasi itu bukan tentang atau sekedar kegiatan yang dilakukan disebuah lembaga, tetapi setiap apa yang telah kita kerjakan atau lakukan harus selalu kita evaluasi, itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri sendiri ataupun sebuah lembaga. Evaluasi pendidikan yang mempunyai kedudukan yang sangat strategis karena hasil dari kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai input untuk melakukan perbaikan dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan peserta didik.
Ajaran Islam juga menaruh perhatian yang amat besar terhadap evaluasi. Allah berfirman dalam Al-Qur'an yang memberitahukan pada kita, bahwa evaluasi terhadap manusia didik merupakan tugas penting dalam rangkaian proses pendidikan yang harus dilakukn oleh pendidik. Adapun aspek-aspek yang menjadi ruang lingkup program pendidikan Islam yaitu:
1. Hubungan Manusia dengan Allah SWT.
Ruang lingkup pengajarannya meliputi segi iman ke-islaman sebagai perpaduan iman dan Islam yang diwujudkan dalam perbuatan kabajikan melaksanakan hubungan diri dengan Allah SWT
2. Hubungan Manusia dengan sesama manusia.
Hubungan manusia dengan sesamanya sebagai hubungan horizontal dalam suatu kehidupan masyarakat yang menempati prioritas kedua dalam ajaran Islam
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah arti evaluasi tersebut, kemudian mengapa guru perlu mengadakan evaluasi program pembelajaran dan apa saja yang menjadi obyek dan sasaran dalam evaluasi serta bagaimanakah cara melaksanakan evaluasi program tersebut. Contohnya seperti evaluasi pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui, memahami dan menggunakan hasil kegiatan siswa dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan ketentuan.
Dalam hal ini peranan kebudayaan sangatlah besar, begitu pula dengan dan tugas seorang guru yang berusaha menumbuh kembangkan pemahaman anak didik agar mengikuti tuntutan agama dalam menjalankan kehidupan sosial, karena dalam kehidupan bermasyarakat inilah akan tampak citra dan makna islam melalui tingkah laku pemeluknya.(Sri Luthfiah, 3(1),2021)
Bila kita lihat kembali juga dalam proses evaluasi hanya mementingkan evaluasi hasil belajar, nampaknya kurang komperhensif. Oleh karena itu, perlu membahas evaluasi program setidaknya memhami apa maksud dan tujuannya dan bagaimana melakukannya.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pustaka dimana data diambil dari beberapa buku dan jurnal referensi yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Selanjutnya artikel penelitian ini adalah tentang Eveluasi program pendidikan Islam merupakan sebuah penilaian tentang rancangana atau kegiatan yang direncanakan dengan seksama untuk memberikan bimbingan terhadap seseorang agar ia menjadi insan yang dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran islam.
Selanjutnya sebelum melakukan evaluasi program kita harus memperhatikan terlebih dahulu tujuan institusional dan kemudian dikhususkan dalam bidang study Pendidikan Agama Islam serta mempertimbangkan kompetensi lulusan sebagai berikit: