Lihat ke Halaman Asli

Achmad Fatoni

mahasiswa

Sepatu Vantela Karya Anak Bangsa Indonesia yang Kini Mampu Bersaing dengan Produk Luar!

Diperbarui: 27 Mei 2023   02:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam dunia bisnis khususnya nya dibidang fashion sering kita lihat banyak brand luar maupun lokal yang banyak sekali kita jumpai baik dipasar maupun yang ada di online shop. Nah kali ini penulis ingin sedikit berbagi kisah tentang sebuah brand  fashion lokal yang sudah cukup lama bersaing di pasar indonesia, lebih spesifiknya yaitu sebuah brand sepatu bernama vantela. Nah siapa nih disini yang sering atau mengoleksi sepatu vantela?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang vantela, kita juga harus tau historis dari vantela itu sendiri terlebih dahulu. Ventela lahir dan mulai dilucuncurkan di tahun 2017 oleh William Ventela, dimana pada mulanyaadalah seorang pemilik pabrik sepaatu vulkanisir sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat. Disini William Ventela ingin memberikan kesan "The Perfect Shoes" yaitu sepatu yang dapat dikenakan setiap orang mulai dari anak usia satu tahun hingga dewasa, untuk mewujudkan ini, solusi menurutnya adalah dengan membuat sepasang sepatu vulkanisisr atau disebut "Sepatu Kanvas".

Ciri khas sepatu ini adalah insole ultralite foam insole yang empuk dan nyaman, jahitan yang rapih serta hasil secara keseluruhan bisa dibilang sangat rapih. Kemudian terkait dengan kualitas sol sepatunya juga sangat bagus karena pada prosesnya sol bagian bawah sepatunya itu dipanggang supaya lebih kuat, jadi dijamin tidak akan cepat rusak.

Dengan munculnya vantela dipasaran kini brand-brand lokal lain juga semakin banyak yang ikut bersaing dalam bisnis sepatu di indonesia, agar tidak tertinggal dengan maraknya brand luar yang masuk ke indonesia. Daya tarik dari vantela sendiri ialah mereka menawarkan sepatu dengan bahan yang bagus namun ramah dikantong, oleh karena itu banyak khususnya remaja yang ada di indonesia sekarang mulai banyak yang menggunakan sepatu vantela.

Tidak hanya harga yang terjangkau sepatu vantela sendiri tiap tahun selalu berinovasi dengan banyak menghadirkan variasi terbaru yang berbeda-beda, terkadang juga vantela sering kali berkolaborasi dengan brand fashion lain di indonesia seperti bebarapa kolaborasi yang sudah dijalin oleh vantela antara lain, NeverTooLavish, Evil x Papa Gading dan masih banyak lagi. Maka dari itu tiap tahun kolaborasi vantela dengan brand maupun artis lokal di indonesia selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi experience atau mereview sedikit nih tentang salah satu sepatu vantela yang akan penulis spill dibawah. Simak sampai habis ya.

 Sepatu vantela yang kali ini akan kita review yaitu sepatu vantela republic high grey. Nah untuk sepatu ini tipenya yaitu tinggi dan disetiap sepatu vantela biasanya ada dua tipe yaitu low dan ada juga yang high, nah balik lagi ke teman-teman lebih suka memakai tipe yang mana tergantung selera masing-masing. Balik ke topik untuk sepatu vantela republic high yang akan kita review kali ini, dapat kita temukan atau beli di offline store di kota terdekat maupun di online shop. Untuk di online shop itu sendiri vantela sudah memiliki official store resmi nya, jadi kalian tidak perlu takut lagi akan barangnya nanti palsu atau bahan dari sepatu itu tidak bagus karena di officiall store nya itu sendiri sudah dipastikan barang-barang yang dijual disana sudah pasti aman dan tentunya 100% original. Untuk sepatu vantela yang kita bahas kali ini penulis beli di online shop dengan harga 246.000 ribu rupiah belum termasuk ongkir.

Dan untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi walau dengan harga yang cukup terjangkau vantela selalu memberikan kualitas yang terbaik untuk konsumennya, mulai dari sol nya yang solid, warna tidak mudah luntur dan tetntu saja fashionable untuk dibawa kemana saja. Jika kita komparasikan dengan sepatu sneakers buatan luar tentu saja untuk harga segitu sangat jauh dibandingkan dengan harga sepatu-sepatu buatan lokal yang ada di indonesia. Maka dari itu banyak orang khusunya remaja yang banyak memakai sepatu buatan lokal sekarang khususnya yaitu sepatu vantela itu sendiri. Selain dari itu kita seharusnya sudah cukup bangga memakai produk lokal karya anak bangsa karena dengan memakai produk lokal, berarti kita sudah membantu para pedagang atau usaha lokal untuk terus berkembang dan terus berinovasi kedepannya karena kita tidak lagi ragu akan kualitas yang diberikan jika dibandingkan dengan brand luar yang ada dipasaran. Lebih lanjut pasaran vantela kini sudah hampir mencakup keseluruh negeri, dan apabila semakin besar penyebarannya bukan tidak mungkin produk lokal kita juga bisa bersaing di go internasional. Dan efek dari pesatnya penjualan itupun dapat juga membantu perekonomian dalam negeri karena orang indonesia lebih senang memakai produk dalam negeri ketimbang produk luar itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline