Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Fatch

Pendidik

Innalilahi, QRIS Tempat Ibadah Saja di Palsukan, Modus Pemalsuan QRIS Sangat Memalukan!

Diperbarui: 14 April 2023   04:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://tekno.kompas.com

Kasus pemalsuan QRIS pada kotak amal masjid baru-baru ini menjadi sebuah peringatan bagi kita semua tentang risiko penipuan yang dapat terjadi melalui teknologi pembayaran digital.

Hal ini sangat memalukan dan patut dikecam, karena kotak amal masjid adalah tempat yang seharusnya dihormati dan dijaga keasliannya.

QRIS merupakan teknologi pembayaran yang sedang populer di Indonesia, termasuk juga di tempat ibadah.

Namun, kasus pemalsuan QRIS pada kotak amal masjid menunjukkan bahwa risiko penipuan dapat terjadi dimana saja, bahkan pada tempat yang seharusnya dihormati.

Modus pemalsuan QRIS yang dilakukan oleh penipu tersebut sangatlah memalukan dan tidak memiliki moral yang baik, dengan tega dana umat dimasukan ke pribadi, sungguh keterlaluan!

Tindakan seperti ini tidak hanya merugikan rumah ibadah dan umat, tetapi juga mencoreng moral dan etika yang seharusnya dianut oleh setiap orang, khususnya bangsa ini.

Untuk mencegah terjadinya kasus pemalsuan QRIS pada kotak amal dan media pengumpulan dana lainnya, manajemen rumah ibadah harus lebih berhati-hati dan memastikan keamanan QRIS yang digunakan serta mengecek secara berkala.

Cara lain yang dapat dilakukan dengan melakukan verifikasi QRIS dan memantau setiap transaksi yang dilakukan.

Selain itu, pemahaman dan kesadaran akan keamanan teknologi pembayaran digital sangatlah penting untuk dikembangkan, missal dengan verifikasi bertahap ketika dilakukan transaksi.

Dengan memahami cara kerja dan risiko yang terkait dengan penggunaan QRIS, kita dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi ini dan dapat menghindari risiko penipuan yang terkait dengan penggunaannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline