Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Fatch

Pendidik

Pakaian Adat Cocok untuk Seragam Sekolah?

Diperbarui: 21 Oktober 2022   13:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi pribadi pakain seragam hari kamis (Dokpri)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera buat kita kita semua. 

Dengan mengucapkan Alhamdulillah hari ini masih diberikan kesempatan menulis di kompasiana.com mudah-mudahan apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk kita semua. 

Kali ini Penulis mengambil tema "Pakaian adat cocok untuk seragam sekolah?"

Para pembaca di manapun berada, bahwa sudah maklum adanya di zaman sekarang banyak generasi milenial dan generasi Z yang tidak mengetahui tentang pakaian adat atau baju adat di Indonesia. 

Untuk itu perlu adanya terobosan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemdikbud Ristek Dikti) mengenai pakaian baju adat di dalam dunia pendidikan. 

Dalam artikel pilihan "BAJU ADAT UNTUK SERAGAM SEKOLAH" di dalam artikel tersebut di paragraf pertama mengatakan,

Apa pendapatmu mengenai aturan yang mengharuskan baju adat/tradisional digunakan untuk seragam sekolah? Apa menurutmu kebijakan tersebut diperlukan? Dalam aturan ini disebutkan bahwa para peserta didik diperbolehkan mengenakan adat pada hari atau acara adat tertentu.

Untuk menjawab hal ini kita harus menelaah Apa manfaat mengenai baju adat jika dijadikan seragam? 

Baju adat Merupakan suatu kebanggaan dari warisan adat istiadat para pendahulu. Untuk itu perlu dilakukan perawatan dan dilestarikan agar pakaian adat yang ada di indonesia seirama dengan nilai-nilai Pancasila harus dipelihara dan dilestarikan dengan baik. 

Bagaimana cara melestarikannya? Maka diperlukan aturan-aturan yang bertujuan untuk mengenalkan ragam budaya Indonesia khususnya pakaian adat, agar bisa diterapkan sebagai seragam oleh satuan pendidikan sehingga generasi milenial dan generasi Z dapat mengenal pakaian adat dan budaya di Indonesia. 

Tentu ini sesuai dengan kearifan lokal masing-masing artinya ketika menentukan pakaian adat yang akan diterapkan pada seragam sekolah harus melihat di mana lingkungan sekolah berada, dan tidak semua pakaian adat harus dipakai menjadi seragam sekolah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline