Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Farhan Abdullah

Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Malang

Pengalaman Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar UM Angkatan Genap 2023-2024 di SMKS Turen Kabupaten Malang

Diperbarui: 19 Juni 2024   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: dokumen pribadi 

Program Asistensi Mengajar

Asistensi mengajar atau biasa disingkat AM merupakan salah satu implementasi dari Kamus Merdeka yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang dapat mendukung proses pembelajaran oleh mahasiswa secara kolabortif dibawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendudukan formal. Asistensi mengajar ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi calon pendidik yang telah dibekali ilmu yang diterima selama duduk di bangku perkuliahan kemudian mempraktikkan secara nyata dalam dunia pendidikan secara resmi. Selain membantu proses pembelajaran di ruangan kelas, mahasiswa juga diwajibkan untuk menyusun program rancangan selama Asistensi Mengajar berlangsung. Dimana ketika jadwal peninjauan lokasi Asisten Mengajar dilaksanakan, mahasiswa mampu menemukan dan mencari solusi dari permasalahan yang ada di sekolah sebagai suatu tindak lanjut tujuan diadakannya Program Asistensi Mengajar ini. Kegiatan Asistensi Mengajar dilaksanakan selama 1 semester dan mendapat konversi matakuliah sebesar 20 SKS dan sudah termasuk kegiatan PPL dan KKN.

SMK Turen merupakan salah satu sekolah mitra dan menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan Universitas Negeri Malang dalam bidang Pendidikan. Pada kesempatan Program Asistensi Mengajar semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 ini, Kami memilih SMK Turen atau yang dikenal dengan sebuatan STM. Berlokasi di Jl. Panglima Sudirman Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Program Asistensi Mengajar pada sekolah mitra ini dibuka untuk 2 Program Studi yang dibutuhkan yakni dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Sejarah. Terdapat lima jurusan keahlian di SMK turen yaitu: Teknik Permesinan, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Sepeda Motor. Teknik Kendaraan Ringan, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar terdiri dari 4 tahapan yang dilaksanakan selama kurang lebih delapan belas (18) minggu, Antara lain: tahapan perencanaan kegiatan (dua minggu), tahap pelaksanaan kegiatan (empat belas minggu), tahap diseminasi atau pemaparan hingga revisi hasil outputan kegiatan (satu minggu) dan terakhir tahapan pembuatan laporan, dan luaran AM (satu minggu).

Kegiatan dari pengantaran mahasiswa kepada pihak sekolah oleh perwakilan dosen pembimbing pada tanggal 19 Februari 2024 hingga 14 Juni 2024 untuk penarikan mahasiswa dari sekolah. Minggu pertama dalam acara pengantaran mahasiswa, terdapat pengarahan dari Waka kurikulum terkait program kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan kedepannya dari pembuatan jadwal piket kemudian ketentuan yang harus dan wajib dilaksanakan selama di sekolah yakni datang disekolah tepat waktu jam 06.30 WIB hingga berakhirnya kegiatan jam 14.00 WIB disekolah. Dalam ketentuan berpakaian kami menyesuaikan pakaian yang dikenakan guru-guru, Hari senin dan selasa memakai pakaian hitam putih, Rabu memakai putih hitam, Kamis dan Jumat memakai batik, dan sabtu memakai wearpack/katelpak. Setelah itu, seluruh perseta AM diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan perencaan dengan melakukan observasi terlebih dahulu mengenal lingkungan sekolah. Dari ruang kelas pada Gedung C dan F yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran umum, Bengkel teknik hingga Lab Komputer untuk kegiatan pembelajaran yang sifatnnya khusus, Perpustakaan, Ruang Guru, Kurikulum, Ruang Tatib, Ruang BK, Aula, Kantin, Mushola, dan lainnya. Untuk proses pembelajaran yang dilakukan guru dikelas tidak hanya terpaku dengan buku pegangan siswa namun terkadang lebih fleksibel dan lebih menyesuaikan siswa-siswinya. Proses pembelajaran didalam kelas yang diawali dengan mengikuti doa bersama setiap pagi membaca asmaul husnah dan al-waqiah kemudian melakukan kegiatan KBM dikelas terlebih dahulu menyanyikan lagu indonesia raya, mars STM kemudian berdoa bersama hingga kegiatan pembelajaran dimulai sampai KBM selesai jam 12.20 WIB.

Kegiatan pelaksanaan AM meliputi akademik, nonakademik, administrasi, dan publikasi. Pada kegiatan akademik kami mengembangkan modul pembelajaran berbentuk (e-modul) untuk materi yang diangkat ialah Program Pengenalan Pembangkit Tenaga listrik dan Sistem Transmisi dan Distribusi. Kami juga mengembangkan Jobsheet untuk keperluan praktikum siswa-siswi mengenai Solar Panel dan Mengembangkan Trainer KIT IOT berbasis Nodemcu Esp8266 sebagai mikrokontroler untuk membaca data dari 5 sensor yang terdiri dari sensor PIR, sensor jarak, sensor api, sensor suhu, dan sensor gas dilengkapi. Rancang bangun trainer yang dibangun dilengkapi E-modul dan jobsheet untuk pembelajaran teori dan praktik. Selain itu, 6 Orang Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro diamanahi untuk mengajar mata Pelajaran Dasar Program Keahlian TITL kelas 10, ITL (Instalasi Tenaga Listrik) kelas 11, IML (Instalasi Motor Listrik) kelas 11, IPL (Instalasi Penerangan Listrik) kelas 11, dan PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) kelas 11. Pada pembagiannya setiap anak diamanahi memegang 1 mata pelajaran yang berbeda-beda yang sudah dijadwalkan dari guru pamong, kecuali mata pelajaran DPK dipegang oleh 2 anak dengan guru mata pelajaran yang berbeda. Dalam pelaksanaan KBM kami mengharuskan menyiapkan perangkat ajar berupa modul ajar, media ajar, LKPD, dan instrumen penilaian. Dan sebelum melakukan praktik mengajar didalam kelas kami diharuskan menyampaiakan dan berkonsultasi terkait materi yang akan diberikan. Tidak hanya itu dalam kegiatan pembelajaran diharapkan nantinya mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan terutama dapat membangun interaksi antara siswa dan guru. Maka dari itu, disini kami diharapkan menggunakan suatu inovasi atau metode pembelajaran yang menarik agar siswa lebih kondusif saat pembelajaran berlangsung.

Gambar. Trainer KIT IOT berbasis Mikrokontroler Nodemcu ESP8266 (sumber: dokumen pribadi)

Pada kegiatan nonakademik, mahasiswa dibagi piket bergiliran pada Piket tata tertib (tatib), bimbingan konseling (bk) dan pada bagaian administrasi sekolah. Agar mahasiswa mendapat pengalaman yanng sama. Untuk kegiatan piket di tata tertib ditugaskan untuk memberi hukuman kepada setiap pelanggaran siswa, memberikan surat izin masuk kelas, menggantikan guru yang berhalangan hadir, hingga merekap absensi siswa. Di BK, sering kali ditugaskan oleh guru BK untuk melakukan rekap absensi harian siswa-siswi, merekap buku bimbingan karir, bimbingaan sosial, memperbarui absensi bulanan bk dan menjaga ruang bk selagi giri yang bertugas sedang melakukan visit keluar. Di di bagian administrasi sekolah, kami membantu pada kegiatan tata usaha dari mempersiapkan penyelesaian kartu ujian PTS dan PAS siswa-siswi, penataan soal-soal ujian dan lainnya yang berhubungan persuratan dan kearsipan, pelaksana urusan administrasi kesiswaan.

Selain kegiatan akademik dan nonakademik. Mahasiswa AM juga ikut serta mengikuti keseluruhan agenda yang diadakan disekolah degan menjadi bagian didalam acara sebagai panitia dan membantu acara sekolah jika dibutuhkan. Pada kegiatan publikasi ada tiga yaitu artikel ilmiah, essai pengalaman, dan video best practice. Artikel ilmiah dibuat dengan berkolaborasi per prodi. Dengan mengikuti kebijakan satu judul terdiri dari tiga mahasiswa. Artikel ilmiah nantinya akad dipublikasikan dan dikumpulkan lewat formulir yang dibagikan oleh pihak LP3. Pihak LP3 juga memfasilitasi jurnal publikasi untuk mahasiswa AM jika ingin mempublis artikelnya. Essai pengalaman dibuat maksimal 1500 kata. Kemudian, yang terakhir yaitu video best practice yang dibuat dari semua kegiatan asistensi mengajar dari awal kegiatan, pelaksanaan, hingga akhir kegiatan.  Pada bulan juni, setelah membantu sekolah dalam melaksanakan PAS, kami berfokus mengerjakan laporan akhir, persiapan diseminasi produk AM untuk konversi mata kuliah, dan diseminasi penjemputan. Selama 2 minggu kami fokus untuk penyelesaian kegiatan tersebut. Dimana laporan akhir berisi kegiatan yang kami lakukan selama AM, mengikuti sis dari buku panduan yang telah diberikan. Kemudian Diseminasi produk AM dilaksanakan pada hari Senin,10 Juni 2024. Setelah itu, penjemputan dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juni 2024. Terlepas dari kekurangan program asistensi mengajar yang telah kami laksanakan, nyatanya kegiatan ini memberikan banyak pengalaman berharga dalam mengembangkan kemampuan softskill maupun hardskill, melatih kedisiplinan, tanggung jawab, dan menjadi bekal bagi mahasiswa kelah ketika terjun kedunia keguruan.

Tim AM (Kelompok 1):

-Shania Adindagita Yuniarhamna

-Isron Farikhul Usman 

-Rizqy Arrahman 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline