Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Faisal

Indonesian Writter

Di Dalam Sebuah Perenungan

Diperbarui: 29 Juli 2018   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri: Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar.

Jatah libur cuti kerja kali ini saya memutuskan untuk pergi ke Kota Solo. Sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Tengah. Awalnya agak bimbang untuk memilih kota mana yang akan dikunjungi. Ada banyak kota yang menarik perhatian saya untuk lebih dari sekedar liburan ala orang pada umumnya. Saya lebih suka memaknai sesuatu tidak selalu dalam sudut pandang orang awam.

Rekan-rekan kerja saya yang kebanyakan sudah senior dan berkeluarga tentu saja menghabiskan waktu bersama keluarga nya, suami/istri beserta anak-anaknya. Berhubung saya belum berkeluarga, saya masih bisa bebas pergi ke mana saja. Tentu saja dengan izin orang tua dan selama hal yang dilakukan tidak untuk hal-hal yang negatif.

Ada beberapa momen menarik yang saya tangkap selama perjalanan menuju atau pada saat pulang dari Solo. Saya juga lebih suka menyebut liburan saya sebagai trip karena jangka waktu yang singkat. Kurang lebih 2-3 hari. Saya merasakan bahwa perjalanan adalah waktu yang tepat untuk melakukan kontemplasi selain pada saat berdoa. 

Rasanya dengan melihat banyak tempat dan banyak orang dengan aktivitasnya masing-masing memberikan nuansa positif pada diri, bahwa hidup itu harus selalu bersyukur dan optimis. Itulah mengapa kita perlu sesekali berlibur untuk melakukan trip sebagai sarana menyegarkan pikiran. Tidak harus mahl dan dengan budget yang besar. Segala sesuatu akan lebih asyik ketika kita mengemasnya secara simpel.

Antara Kewajiban dan Kesadaran

Saat melakukan perjalanan dari Stasiun Sidareja menuju Stasiun Purwosari di Solo, saya menggunakan Kereta Api Pasundan jurusan Bandung-Surabaya. Mendapatkan tempat duduk dengan seat 3-3, saya agak terkejut karena kursi 14 C yang telah saya temukan di gerbang 3 sedang diduduki oleh penumpang lain yang tertidur pulas. Tanpa bermaksud mengganggu, saya memilih duduk di seat yang berhadapan dengan kursi yang seharusnya saya tempati. Kebetulan kosong 1 seat.

Sembari saling melanyai teman duduk yang semuanya laki-laki, saya ketahui satu orang di sebwlh kiri saya adalah penumpang yang akan turun di Jombang. 

Di sebelah kanan saya begitu sibuk dengan ponselnya, sehingga saya tidak tai tujuannya. Pun dengan orang yang tertidur pulas di seat yang seharusnya saya duduki. Saat terbangun dia hanya bolak-balik gelisah karena tidak sampai-sampai tujuan sehingga perlu ngopi atau ngemil. Dua orang lainnya yang ada di depan saya, adalah mahasiswa yang kuliah di Jawa Timur. Saya ketahui itu karena di jaketnya ada embel-embel nama kampus. Mereka turun di Surabaya.

Yang menarik perhatian saya adalah ketika waktu Dzuhur tiba. Dua orang mahasiswa di depan saya meminta izin sembari menawarkan kami-kami yang satu gerombolan seat untuk makan. Mereka berdua membuka bekal nasi bungkusnya masing-masing dan menyantapnya. Saya sekilas tersenyum dan mempersilahkan kemudian kembali tertidur.

Setelah selesai makan, keduanya secara bergantian beranjak ke belakang untuk cuci tangan, pikir saya. Ternyata mereka juga sekalian mengambil wudlhu untuk selanjutnya melaksanakan solat dhuhur. Saya kagum dengan mereka karena tidak begitu mudah melupakan solat wajib. Tidak seperti saya yang masih sebagai hamba amatiran. 

Saya lebih memilih berniat untuk Jamak Ta'hir di waktu ashar ketika sudah sampai di Solo karena masih ada waktu ketika turun di Purwosari. Sedangkan mereka berdua harus menjamak-qosor solat dhuhur dan ashar karena sampai di Surabaya kurang lebih jam 9 malam. Mau tidak mau harus solat di kereta. Sampai di sini saya merasa tersentuh karena karena hal yang menjadi kewajiban mereka tidak tinggalkan. Langsung saja saya berniat meng-upgrade pengetahuan tentang Keislaman saya yang sudah belasan tahun lalu saya pelajari di kitab kuning hampir tiap malam sehabis isya saat mengaji.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline