Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Dicky Setiawan

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Revitalisasi Desa Tragung, Pemetaan Kualitas Air Tanah sebagai Langkah Awal Meningkatkan Kesehatan Masyarakat menuju Desa Sehat

Diperbarui: 15 Agustus 2024   16:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumen Pribadi

Desa Tragung, Batang (15/08/24) Universitas Diponegoro selalu menunjukkan komitmennya dalam pengabdian kepada masyarakat melalui pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yasng secara rutin diadakan setiap tahun. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang menekankan pentingnya kontribusi nyata mahasiswa dalam pembangunan masyarakat.

Ahmad Dicky Setiawan, mahasiswa program studi Teknik Geologi merupakan mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 Desa Tragung yang berhasil menyelesaikan program kerja pemetaan Kualitas Air Tanah di Desa Tragung dan melakukan penyerahan Poster dan Laporan Analisis Kualitas Air Tanah (KAT) tersebut kepada Kepala Desa Tragung pada hari Rabu, 14 Agustus 2024 bertempat di Balai Desa Tragung.

Analisis Kualitas Air tanah (KAT) yang dilakukan di Desa Tragung bertujuan memberikan gambaran kepada pemerintah desa dan masyarakat terkait kualitas air tanah yang ada di Desa Tragung berdasarkan 3 parameter analisis yaitu (Daya Hantar Listrik (DHL), Total Dissolved Solid (TDS), dan pH). Analisis yang telah dilakukan dapat digunakan untuk mengevaluasi gambaran kualitas air tanah, sebagai bahan penyusunan strategi dalam pengelolaan air tanah, mengidentifikasi faktor penyebab pencemaran air tanah sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan tindakan pencegahan dan penanggulangan yang tepat.

Pada penilaian Kualitas Air Tanah (KAT) terdapat beberapa sifat kimia air tanah yaitu Total Dissolved Solid (TDS), (Daya Hantar Listrik (DHL), dan pH). Sifat kimia Total Dissolved Solid (TDS) merupakan konsentrasi unsur mineral terlarut dalam air. Daya Hantar listrik (DHL) merupakan parameter kimia yang berhubungan dengan kandungan garam pada air. pH menunjukkan kadar keasaman air yang dipengaruhi oleh hidrogen. Hasil dari analisis sifat kimia diatas dapat memberikan gambaran kepada masyarakat akan kualitas air yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari hari dan sebagai salah satu pertimbangan apakah air layak untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan irigasi.

Hasil analisis didapatkan nilai pH (asam-agak basa) menurut klasifikasi (Jankowski,2001). Terdapat satu sampel yang memiliki nilai pH yang cukup asam yang berada di Dusun Proyondoko, hal ini kemungkinan diakibatkan oleh adanya pencemaran limbah permukaan. Nilai TDS yang didapatkan pada rentang 40 – 280 mg/l dan secara keseluruhan kurang dari 1000 (mg/l) dan merupakan air tawar menurut klasifikasi (Bouwer,1978). Nilai DHL yang didapatkan pada rentang 70 – 570 μS/cm yang dikategorikan sebagai kualitas air (baik dan sangat baik) untuk kebutuhan Irigasi menurut Wilcox, 1955 dalam (Zakai, 2015).

Proses Analisis Kualitas Air Tanah ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan, mulai dari reconnaissance (survey tinjau), pengumpulan data dan pengambilan 20 sampel air pada sumur gali di Desa Tragung, tahap analisis sampel air yang dilakukan di Laboratorium Geologi Tata Lingkungan Universitas Diponegoro, dilanjutkan dengan analisis data serta penyusunan laporan dan penyusunan poster hasil analisis.

Hasil analisis kualitas air tanah di Desa Tragung ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat dan pemerintah desa terkait kualitas air tanah, mengidentifikasi faktor penyebab tercemarnya air tanah sehingga dapat diambil tindakan yang tepat, dan sebagai dasar untuk membuat kebijakan serta regulasi terkait pengelolaan air tanah yang lebih baik.

Program kerja ini mendapat apresiasi yang baik dari pemerintah desa dan masyarakat setempat. Masyarakat berharap agar pemerintah desa dapat melakukan tindak lanjut sebagai upaya pencegahan dan perbaikan kualitas air tanah.

Sumber: Dokumen Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline