Lihat ke Halaman Asli

ahmad baiquni

tidak bekerja

Penumbra 25 Maret 2024M

Diperbarui: 25 Maret 2024   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Gambar Gerhana Bulan Penumbra (jabarmedia.com/Damar Alfian).

Gerhana Bulan Penumbra 25 Maret 2024M adalah fenomena Bulan masuk ke dalam bagian penumbra (bayangan samar) Bumi. Ini terjadi ketika Bumi melewatkan cahaya matahari dan menciptakan dua bagian bayangan. Umbra (bayangan penuh) dan penumbra. Gerhana bulan penumbra tidak selalu terlihat dengan jelas karena perbedaan kecerahan yang relatif kecil antara bagian yang terkena penumbra dengan bagian yang tidak. 

Ini adalah jenis gerhana bulan yang lebih lemah dibandingkan dengan gerhana bulan total atau gerhana bulan parsial karena hanya bagian luar bulan yang terkena bayangan samar Bumi. Untuk menonton gerhana bulan penumbra tidak memerlukan perlengkapan seperti teleskop atau kacamata khusus karena peristiwa ini dapat dilihat secara langsung. 

Tapi terkadang gerhana bulan penumbra bisa sulit dikenali terutama jika tidak ada gerhana bulan total atau parsial yang terjadi sebelum atau sesudahnya. Jadi, perhatikan perubahan kecerahan dan warna Bulan pada malam itu untuk melihat apakah efek gerhana penumbra dapat dilihat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline