Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Baehaki

UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pentingnya Tingkat Kepuasan Pelanggan Bagi Perusahaan

Diperbarui: 25 Desember 2021   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pelanggan merupakan aset bagi produsen, sehingga kepuasan pelanggan harus di perhatikan oleh produsen. Kepuasan pelanggan sangat penting bagi keberlangsungan suatu perusahaan. Keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan dikarenakan pelanggan yang merasa puas akan mutu dan kualitas barang dan jasa yang disajikan oleh perusahaan.

Selain itu, kualitas pelayanan yang baik akan berpengaruh postif kepada perusahaan. Lantas apa yang dimaksud kepuasan pelanggan? Kepuasan pelanggan adalah penilaian pelanggan terhadap produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Kepuasaan pelanggan dapat diukur oleh tiga kualitas:

1. Attributes related to product

Produk ialah barang atau jasa yang dihasilkan oleh faktor produksi. Produk akan menciptakan kepuasan bagi pelanggan ketika produk tersebut memiliki mutu dan kualitas yang baik.

2. Attributes related to service

Layanan ialah sesuatu yang berhubungan dengan cara karyawan melayani konsumen. Layanan yang diberikan kepada konsumen akan menjadi faktor yang terpenting dalam kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.

3. Attributes related to purchase

Ketika membuat keputusan pembelian, konsumen menghadapi insentif pemasaran dan kondisi lain yang tidak dapat dikendalikan perusahaan. Selain itu, pengambilan keputusan konsumen dipengaruhi oleh sejumlah komponen yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen seperti produk, toko, merek, waktu dan kuantitas.

Kepuasan pelanggan akan berdampak pada penawaran produk perusahaan. Jika tingkat kepuasan pelanggan tinggi akan menyebabkan ikatan terhadap merek produk. Oleh karena kepuasan pelanggan sangat berarti bagi perusahaan maka hubungan perusahaan dengan produsen harus di jaga dengan baik agar pelanggan memiliki loyalitas terhadap perusahaan tersebut. menurut Dick dan Basu mendefinisikan
loyalitas pelanggan sebagai komitmen terhadap suatu merek dan pemasok, berdasarkan sikap yang positif
dan tercermin dalam pembelian ulang yang komitmen sehingga perusahaan memiliki citra yang baik di
mata pelanggan serta memperoleh kepercayaan di hati pelanggan. Ada beberapa cara untuk membuat
konsumen memiliki loyalitas terhadap perusahaan :
1. Harga dan kualitas bisa bersaing di pasaran
Sifat konsumen ketika memilih barang yang di tawarkan oleh produsen di pengaruhi oleh harga
dan kualitas barang tersebut. harga yang murah dengan kualitas yang baik akan menjadi sasaran bagi pembelian konsumen. Oleh karena itu, produsen harus menciptakan barang yang memiliki
kualitas yang baik dengan harga yang mudah terjangkau oleh pelanggan.
2. Membuat survey
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk perusahaan di pasaran maka
sangat penting bagi perusahaan untuk membuat survey melalui media sosial. Hal ini dilakukan
untuk melihat tanggapan pelanggan terhadap produk serta agar mengetahui kekurangan dan
kelebihan dari produk yang di tawarkan oleh produsen di pasaran.
3. Memberikan layanan yang terbaik
Pelanggan akan merasa nyaman ketika dilayani oleh produsen dengan baik. Pelayanan yang baik
terhadap pelanggan akan menimbulkan kepercayaan di hati pelanggan, tidak hanya itu profit dan
citra perusahaan akan bagus di public.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline