Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Plang Nama Gang, Papan Penunjuk Arah dan Denah Wisata Selo Ondo oleh MMD UB 870

Diperbarui: 16 Agustus 2023   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Membangun Desa (MMD) merupakan salah program yang didesign untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan penguatan kapasitas sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat. Kegiatan MMD dapat berupa penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi pembangunan desa. MMD juga dapat berupa kegiatan-kegiatan yang menjadi bagian dari solusi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa ataupun meningkatkan sarana dan prasarana guna meningkatan potensi desa yang menjadi sasaran dari program MMD.Pemberian sarana dan prasarana sangat penting guna meningkatkan potensi yang ada di desa.

Oleh karena itu, kelompok MMD 870 yang bertempat di desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi melakukan program kerja guna pemberian sarana dan prasarana berupa plang gang serta denah wisata yang bertujuan untuk meningkatkan potensi wisata yang dimiliki oleh desa Ngrayudan.

Dengan melakukan survey mengelilingi Ds.Ngrayudan para mahasiswa MMD-UB 870 telah mengidentifikasi bahwa di Desa tersebut terdapat banyak gang-gang kecil yang belum memiliki nama. Ditambah lagi Desa Ngrayudan sendiri memiliki beberapa tempat wisata yang dapat menarik perhatian wisatawan luar kota untuk berkunjung ke Ds.Ngrayudan, seperti wisata Selo Ondo.

Dengan melihat adanya suatu hal yang kurang pada desa tersebut, Mahasiswa Membangun Desa Kelompok 870 berinisiatif untuk melaksanakan program kegiatan berupa pemberian plang nama gang di Desa Ngrayudan guna mempermudah masyarakat dalam mengenali lokasi tersebut. Selain itu, Mahasiswa Membangun Desa UB Kelompok 870 juga telah membuat papan petunjuk arah dan denah lokasi di salah satu tempat wisata Desa Ngrayudan yaitu wisata Selo Ondo.

Maksud dan tujuan dari dilaksanakannya program kegiatan pembuatan papan petunjuk arah dan plang nama jalan yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar khususnya kepada wisatawan luar kota yang ingin mencari lokasi di gang-gang tersebut.

Salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh MMD-UB Kelompok 870 ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar yang berkelanjutan. Sasaran dari program kerja MMD-UB 870 di Ds.Ngrayudan ini ditujukan untuk menciptakan wilayah yang tertata dan dikenali oleh banyak orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline